Gratis, Rebut Hadiah Menarik di Gerak Jalan Sadar Pemilu

MALANG KOTA – Besok pagi (29/10), pengunjung car free day (CFD) di Jalan Simpang Balapan tidak hanya mengikuti senam tahes, tapi juga bisa berpartisipasi dalam Gerak Jalan Sadar Pemilu (pemilihan umum).

Event yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Malang bekerja sama dengan Jawa Pos Radar Malang itu jadi ajang kampanye dua pesta demokrasi. Yakni, Pemilihan Wali Kota (Pilwali) 2018 Kota Malang, Pemilihan Legislatif (Pileg), dan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019.

Ketua KPU Kota Malang Zainuddin menyatakan, Gerak Jalan Sadar Pemilu ini bertujuan mengajak warga Kota Malang untuk berpartisipasi dalam perhelatan pesta demokrasi. ”Tahun depan (2018) ada Pilwali Malang hingga Pilgub Jatim. Lalu, disusul Pileg dan Pilpres 2019,” kata Zainuddin kemarin (27/10).

Pria yang menjadi komisioner KPU selama dua periode itu berharap semua elemen masyarakat terlibat dalam menyukseskan Gerak Jalan Sadar Pemilu. Mulai pelajar, organisasi masyarakat (ormas), hingga para partai politik (parpol).

Pendaftaran Gerak Jalan Sadar Pemilu dibuka di kantor KPU, Jalan Bantaran, Kelurahan Purwantoro, Kecamatan Blimbing. Warga bisa mendapatkan tiket secara gratis. ”Kami berharap banyak masyarakat yang turut serta dalam gerak jalan ini, karena ini bagian kampanye kami,” kata Zainuddin.



Sementara itu, Komisioner KPU Kota Malang Divisi Sosialisasi dan SDM Ashari Husen menambahkan, panjang rute gerak jalan mencapai 2,5 kilometer. Start dan finis di Jalan Simpang Balapan menuju Jalan Ijen. Kemudian, berjalan terus menuju Jalan Semeru dan Jalan Merapi, lalu finis di Jalan Simpang Balapan lagi.

”Mulai pukul 06.00 hingga selesai. Nantinya juga ada hadiah-hadiah menarik,” kata dia.

Pewarta: Aris Syaiful
Penyunting: Mahmudan
Copy Editor: Arief Rohman
Foto: Falahi Mubarok