Golden Tulip Holland Resort Batu Sabet Penghargaan Hotel Mewah Kelas Dunia

 

RADARMALANGID – Membanggakan. Di usianya yang belum genap 3 tahun, hotel Golden Tulip Holland Resort sudah mengukir nama di ajang penghargaan hotel Internasional. Minggu lalu, Hotel yang berlokasi di Kota Batu ini berhasil menjadi salah satu pemenang dalam The 13th Annual World Luxury Hotel Awards 2019.

Dilansir melalui laman resmi Luxury Hotel Awards (19/10), The Annual World Luxury Hotel Awards merupakan penghargaan untuk hotel-hotel mewah. Diikuti ratusan hotel mewah dari segala penjuru dunia, penghargaan ini diakui secara internasional oleh tamu, wisatawan, dan pelaku industri perhotelan yang dipilih langsung melalui sistem voting.

Dari Finlandia, tuan rumah The 13th Annual World Luxury Hotel Awards 2019, Golden Tulip Holland Resort Batu membawa pulang piala di kategori Luxury Family Hotel. Dari Indonesia, Golden Tulip Resort Hotel menjadi satu-satunya pemenang untuk tingkat benua Asia.

Kemarin (19/10), radarmalang.id berkesempatan mendampingi diskusi antara owner Golden Tulip Holland Resort Batu, Sonny Njonoriswondo dan Linggarjanto Budi Oetomo, bersama Direktur Jawa Pos Radar Malang, Kurniawan Muhammad.

Pada diskusi tersebut, terungkap banyak cerita menarik dibalik perjalanan Golden Tulip Holland Resort Batu hingga meraih penghargaan prestius kelas dunia, World Luxury Hotel Awards. Apa saja?

Sempat Dianggap Tidak Layak

Ide membentuk Golden Tulip Holland Resort Batu sudah dipikirkan Sonny dan Linggarjanto sejak lama. Di tahun 2012, konsultan menganggap Golden Tulip Holland Resort tidak layak dibangun. “Kami lihat ke sini, perkembangan Kota Batu pesat. Akhirnya kami putuskan bangun (Golden Tulip, Red), meski dianggap tidak layak (oleh konsultan),” ungkap Sonny. Bermodal nekat, Golden Tulip Holland Resort Batu pun akhirnya resmi dibangun pada tahun 2014.

Satu-satunya Hotel Golden Tulip Bintang 5 di Indonesia

Jika biasanya hotel Golden Tulip berbintang 4, Golden Tulip Holland Resort Batu naik kelas dengan titel bintang 5. Diungkapkan oleh Sonny Njonoriswondo, awalnya ragu untuk menjadikan hotelnya bintang 5. “Ternyata pada waktu sertifikasi bintang ditolak. Golden Tulip (Holland Resort, Red) tidak boleh bintang 4, harus bintang 5 ini. Makanya Goden Tulip di Indonesia satu-satunya ini bintang 5,” ungkapnya. Mengusung konsep resort, jaringan hotel dibawah Louvre Group, Perancis, ini memenuhi syarat untuk hotel standar bintang 5.

Fasilitas Lengkap dan Konsep Alam Minimalis Bikin Pengunjung Betah

Salah satu alasan Golden Tulip Holland Resort Batu berhasil menjadi jawara hotel mewah terbaik karena fasiltasnya. “View bagus, desain mewah, segalanya lengkap, keseimbangan antara ruang rapat, ruangan wedding, ruangan tinggal yang kita bikin semuanya number one. Untuk mengangkat Kota Batu Kota Malang di mata seluruh dunia,” ungkap Linggarjanto.

Saat memasuki hotel, pengunjung akan disambut dengan lobby hotel semi outdoor yang luas dan lega. “Jadi kita membuat lobby lain daripada hotel lain, lobby modern yang terbuka. Satu-satunya di Indonesia lobby seperti itu,” tukas Linggarjanto.

Disinggung mengenai desain hotel, Sonny yang juga arsitek dari Golden Tulip Holland Resort Batu ini mengungkapkan hotelnya dibuat minimalis, menyesuaikan dengan udara Kota Batu yang seperti AC (Air Conditioner) alam.

“Kita bikinkan semua kamar ada balkonnya, tidak tertutup agar pandangan luas. Dan banyak spot untuk foto,” ujarnya. Diakui Sonny, Konsep alam inilah yang akhirnya membuat pengunjung betah berlama-lama di hotel.

Raih Berbagai Penghargaan

Sebelum melaju di penghargaan internasional, Golden Tulip Holland Resort Batu pernah menjuarai Indonesia Travel and Tourism Award 2018/2019 pada kategori Indonesia Leading New Family Resort East Java dan Indonesia Leading Design Hotel. Hotel dengan 260 kamar ini juga juga menggaet sederet penghargaan lain dari situs travel populer seperti Best Leisure Hotel 2019 Pegipegi dan nilai 4/5 dari Traveloka.

Tak salah jika Golden Tulip Holland Resort Batu mendapat piala hotel mewah keluarga terbaik. Dengan segala keunggulannya, hotel ini pas untuk jadi pilihan berlibur bersama keluarga.

Pewarta : Zhavirra Noor Rivdha
Foto : Darmono
Editor : Indra M