Gerojok Rp 48 M, UNBK Jadi Dua Sif

MALANG KOTA – Wali murid dan siswa kelas IX SMPN di Kota Malang tak perlu khawatir antre tiga kloter untuk mengikuti ujian nasional berbasis komputer (UNBK). Lantaran, sekolah bakal digelontor sekitar Rp 48 miliar tahun ini.

Dana sebesar ini untuk pengadaan komputer di 27 SMPN se-Kota Malang. Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kota Malang Zubaidah menyampaikan, dana itu dari perubahan anggaran keuangan (PAK) Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2018. ”Supaya UNBK tahun depan bisa dua sif,” kata mantan kadinsos Kota Malang ini, kemarin.

Menurut dia, UNBK SMPN tahun ini dilaksanakan dengan tiga sif. Salah satu alasannya karena keterbatasan komputer di sekolah.  Sehingga, siswa harus bergantian mengikuti UNBK dengan siswa lain. ”Karena masih terbatas, jadi harus sampai tiga sif,” ucapnya.

Dia menambahkan, tak hanya itu, sebelumnya, beberapa sekolah juga masih meminjam komputer ke sekolah lain. Karena ketersediaan komputer memang masih terbatas. ”Tahun depan sudah punya sendiri, nggak pinjam lagi,” ungkap mantan kepala perpustakaan Kota Malang ini.

Hanya saja, dia melanjutkan, sekolah swasta masih belum bisa menerima bantuan pada PAK tersebut. Sebab, sekolah swasta harus mengajukan proposal terlebih dahulu. ”Waktunya tidak memungkinkan, yang negeri dulu,” terangnya.



Lebih lanjut, sekolah diharapkan juga segera menyesuaikan, terutama untuk kapasitas daya listrik. Sehingga, saat barang tersebut sudah tiba, sekolah tidak bingung untuk menambah daya listriknya. ”Sekolah harus menyesuaikan, supaya saat komputernya datang, nggak bingung (daya listrik kurang, Red),” ujar mantan sekretaris Disdik Kota Malang ini.

Selain itu, masih kata dia, pengelola sekolah, terutama yang bertanggung jawab di laboratorium komputer, juga harus amanah. Sehingga, komputer tersebut bisa dimanfaatkan siswa untuk menunjang pembelajaran, terutama saat menghadapi UNBK. ”Petugas laboratoriumnya juga harus mau merawat (komputer),” harapnya.

 

 

Pewarta: Imam Nasrodin
Penyunting: Irham Thoriq
Foto: Darmono