Gerakan Hidup Sehat Tak Bisa Ditawar Lagi

MALANG KOTA – Kota Malang kembali menggalakkan sosialisasi gerakan masyarakat hidup sehat (Germas) pada Kamis, (19/7). Acara yang bertempat di Ruang Sidang Balai Kota Malang ini menghadirkan 2 panelis dari Komisi XI DPR RI serta Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Acara dibuka dengan sambutan Sekda Kota Malang, Drs Wasto SH MH kemudian dilanjutkan dengan makan buah bersama sebagai simbolis gerakan masyarakat hidup sehat.

Masuk ke acara utama, panel pertama dari anggota komisi XI DPR RI, H. Ahmad Zainuddin Lc ME memberikan wawasan mengenai optimalisasi gerakan masyarakat hidup sehat (Germas). Gerakan masyarakat hidup sehat meliputi olah fisik, gerak badan, makan buah dan sayur, tidak merokok, tidak mengkonsumsi narkoba serta melakukan check up fisik secara rutin.

Dia menyayangkan makin tingginya angka perokok aktif serta pasif dari tahun ke tahun. “Saya imbau kalau kita belum bisa berhenti, paling tidak anak kita jangan sampai mengikuti kita,” imbaunya.

Dia berharap paling tidak ke depannya perokok bisa berkurang dengan diadakannya Germas ini.
Selain hal tersebut, di juga mengimbau agar cukai rokok di Indonesia ditingkatkan. “Karena kita ini termasuk rendah harga cukai rokoknya” ujar dia.



Di akhir, dia mengharap gerakan ini bukan hanya jadi sebuah gerak tanpa gerakan. “Semua harus bergerak, pemerintah masyarakat keluarga individu pribadi juga bergerak, itu baru yang namanya gerakan,” tutupnya mengakhiri sesi.

Pewarta: Elfran Vido
Penyunting: Kholid Amrullah