Genjot Desa Wisata, Disparta Kota Batu Berdayakan SDM

Salah satu sudut parwisata di Kota Batu

KOTA BATU – Pemerintah Kota (Pemkot) Batu terus berinovasi dalam mengembangkan pariwisata. Pemanfaatan sumber daya manusia (SDM) untuk mempercantik pariwisata di Desa Wisata menjadi fokus penting bagi Dinas Pariwisata (Disparta).

Kadis Pariwisata Kota Batu Imam Suryono

“Desa Wisata sudah ada, tapi bagaimana kita mempersiapkan masyarakat desa untuk pemberdayaan di Desa Wisata mereka,” ujar Plt Kepala Disparta Kota Batu, Imam Suryono.

Karenanya hingga saat ini, disparta masih menyusun strategi pemberdayaan SDM dari warga masyarakat desa. Pasalnya dengan upaya tersebut diharapkan bisa mengurangi angka pengangguran melalui sektor pariwisata.

“Yang paling penting bagaimana masyarakat ini merasa memiliki tempat wisatanya. Sehingga mereka bisa mengembangkan area wisatanya dan berdaya sebagai pelaku wisata. Misalnya dengan menyediakan suvenir – suvenir atau produk UMKM nya,” imbuh dia.

Bahkan, untuk memberdayakan itu Disparta menggandeng anggota kelompok sadar wisata (Pokdarwis) di masing – masing desa. Nantinya, akan ada pembinaan dan pelatihan agar warga mampu mengolah potensi wisata yang ada.

“Upaya itu terus kami upayakan, dengan mengikutsertakan Pokdarwis dan komunitas. Kami akan lakukan pembinaan, dengan harapan supaya masyarakat punya mental untuk mengembangkan wisata di desanya,” tandas Imam.

Pewarta: Arifina
Penyunting : Kholid Amrullah
Foto: Arifina