Gencarkan Diet Plastik, Alfamart Bagikan Ratusan Tas Belanja Di CFD

KOTA MALANG – Sampah plastik merupakan jenis sampah yang sulit diurai dan dapat membunuh lebih dari 100 ribu hewan di laut setiap tahun. Indonesia sendiri merupakan penghasil sampah nomor 2 di dunia, dengan jumlah 187 ribu ton pertahunnya. Menanggapi hal tersebut, Alfamart kini mulai gencar mengampanyekan diet plastik.

Salah satunya dengan cara membagikan 500 tas belanja gratis kepada pengunjung Car Free Day (CFD), Jalan Ijen, pagi ini (28/4). Kru Alfamart menghadang para pengunjung yang membawa kantong plastik. Mereka meminta kantong plastik tersebut pada pengunjung, kemudian menggantinya dengan memberi tas belanja secara cuma-cuma.

“Kurangi sampah plastik ya bu,” celetuk salah satu kru sambil memberi tas belanja

Regional Manager Corcom PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk, Cabang Malang M. Faruq Asrori mengatakan bahwa kegiatan ini salah satunya juga untuk memperingati Hari Bumi yang tepat jatuh pada 22 April lalu. Menurutnya benar-benar menghentikan penggunaan plastik dirasa tidak mungkin, sehingga jalan keluarnya adalah diet plastik.

“Kalau kita mengampanyekan stop penggunaan sampah plastik kan nggak mungkin ya. Jadi langkah kecilnya sekarang mulai dari diet tas plastik atau kresek menjadi tas belanja yang bisa dipakai berkali-kali. Nah kebetulan di CFD ini kan tempatnya orang weekend ya sambil nyantai, pas nih buat sosialisasi diet plastik,” ujarnya.



Salah satu pengunjung yang menerima tas belanja adalah Rista. Pemuda berusia 23 tahun ini mengatakan sangat senang dan mengapresiasi kegiatan Alfamart ini. Menurutnya diet kantong plastik memang perlu dilakukan saat ini, mengingat dunia kini semakin tua dan kotor.

“Karena kondisinya memang sekarang menyeramkan. Dunia sedang dikungkung oleh sampah plastik. Laut terutama jadi tercemar, biota laut banyak yang mati. Ini bisa mengancam keselamatan manusia juga, karena kan manusia juga makan makanan hasil laut,” tegas dia.

Pewarta: Rida Ayu
Foto: Rida Ayu
Penyunting: Fia