Gempa Susulan Terjadi, BMKG Imbau Warga Tak Panik

Kepala BMKG Moch Riyadi, dalam keterangan tertulisnya menjelaskan, gempa susulan ini terjadi sebanyak tiga kali.” Hingga hari Sabtu (16/12), pukul 01:05:39, hasil monitoring BMKG telah menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan (aftershock) sebanyak tiga kali dengan kekuatan terbesar 3,4 SR,” terang Riyadi.

Dengan adanya gempa susulan tersebut, dia meminta agar masyarakat tak panik menghadapinya, sebab menurutnya, gempa bumi selatan Jawa ini termasuk dalam klasifikasi gempa bumi berkedalaman menengah akibat aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia ke bawah Lempeng Eurasia.

“Kepada masyarakat di sekitar wilayah Kabupaten Tasikmalaya dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan,” pinta Riyadi.

Seperti diketahui, gempa dengan kekuatan 6,9 SR terjadi di wilayah selatan Pulau Jawa. Atas gempa yang dampaknya dirasakan masyarakat Jakarta ini, beberapa rumah dan gedung perkantoran di sekitar wilayah pusat gempa mengalami kerusakan. Namun belum ada data yang detail mengenai jumlah kerusakan yang terjadi.




(wnd/JPC)