GEMPA 5.9 SR Guncang Malang, BMKG Nyatakan Tidak Berpotensi Tsunami

KOTA MALANG – Waktu masyarakat sedang lelap lelapnya, Selasa, (19/02) dini hari tadi, sebagian wilayah Malang, Jawa Timur diguncang gempa sekitar pukul 02.30:23 WIB. Dari rilis yang dikeluarkan oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG)

Dari pantauan radarmalang.id gempa memang lumayan terasa di wilayah kota Malang. “Gempa ini tidak berpotensi Tsunami,” sebut rilis resmi BMKG tersebut.

Dari Analisis BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi kali ini berkekuatan Magnitude 5.9 skala richter dengan pusat gempa berada pada koordinat Lokasi :9.68 LS,112.79 BT (159 km Tenggara KAB-MALANG-JATIM) dan kedalaman 10 km.

Beberapa netizen langsung membalas twit dari BMKG tersebut. Beberapa menyatakan kondisinya saat terjadi gempa. Bahkan ada yang menyebut gempa juga terasa di Blitar, Banyuwangi, Jember hingga Bali dan Gunung Kidul.

“Terasa sampe Gunung Kidul tapi cuma kecil getaran, Semoga yang di Malang atau Jatim baik-baik saja,” balas akun bernama @new_setyo.

Hingga analisa dari BMKG diatas dibuat, tidak tercatat gempa susulan. “Sehingga kepada warga di Malang dan sekitarnya dihimbau agar tetap tenang. Jangan mudah terpancing dengan isu-isu yang menyesatkan,” tutup rilis yang dikeluarkan BMKG tersebut.

Pewarta : Elfran Vido
Penyunting : Deka Adrianto