Gelontor Rp 1 M untuk Koleksi Buku

MALANG KOTA – Dinas Pendidikan Kota Malang mengalokasikan dana Rp 1 miliar untuk menambah koleksi buku di perpustakaan sekolah. Dana itu diambilkan dari dana alokasi khusus (DAK). ”Memang saat ini kami melakukan pengadaan buku perpustakaan, lalu kami ajukan lelang melalui unit layanan pengadaan (ULP),” terang Kadisdik Kota Malang Dra Zubaidah MM kemarin.

Saat ini sudah ada tiga kandidat pemenang tender di ULP. Ketiganya bakal divisitasi oleh disdik untuk menentukan pemenang tender yang memenuhi persyaratan. Rencananya, mulai tahun ini buku tersebut akan disebar ke sejumlah SD. Ada buku-buku mata pelajaran, ada pula buku bacaan anak-anak. Namun rinciannya, mana saja sekolah yang mendapatkan dan berapa jumlah buku yang akan disumbangkan, disdik masih menunggu analisis pejabat pembuat komitmen (PPK). ”Terpenting, buku itu wajib diperbarui dan mengikuti zaman, makanya dalam beberapa tahun kami siapkan anggaran untuk pengadaan buku,” ujar Zubaidah.

Baginya, membeli buku layaknya membeli pakaian. Kadang, seseorang perlu membeli baju untuk menunjang penampilan. Membeli buku pun juga sama. Untuk menunjang ilmu yang ada.

Sementara itu, di salah satu sudut taman baca Kelurahan Polowijen, Kecamatan Blimbing, kemarin, nampak beberapa siswa asyik membaca buku sains. Anzeli Calista, salah satu siswa SDN Mangliawan 1, berharap koleksi buku di beberapa perpustakaan masih bertambah. ”Kalau bisa, ingin menambah bacaan tentang hewan dan antariksa,” ujar siswi kelas 3 SD ini. Kata Anzeli, dia sudah membaca puluhan koleksi di sekolahnya dan taman baca masyarakat. Menurut Anzeli, buku-buku tersebut jumlahnya masih sedikit.

 



Pewarta: Sandra Desi
Penyunting: Abdul Muntholib
Foto: Rubianto