Gelombang Tinggi Tunda Arus Balik dari Bawean

JawaPos.com – Gelombang tinggi menghadang arus balik pemudik dari Pulau Bawean ke Gresik. Menurut prakiraan BMKG Surabaya, tinggi gelombang laut sepanjang rute pelayaran tersebut tergolong tidak aman untuk kapal cepat selama dua hari ke depan. Tingginya sekitar 2 meter.

Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Gresik masih membahas antisipasi arus balik itu. Kepala KSOP Kelas II Gresik Hotman Siagian mengaku telah menunda pemberian surat berlayar kepada tiga kapal cepat. Yakni, Ekspress Bahari, Natuna Ekspress, dan Blue Sea Jet. KSOP masih melarang kapal-kapal tersebut beroperasi dari Gresik ke Bawean atau sebaliknya.

Hotman menyatakan mendapat rekomendasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Surabaya mengenai tinggi gelombang itu. Jadi, sudah dipastikan pelayaran off untuk hari ini. “Saat ini gelombang lebih dari 2 meter. Jadi, tidak boleh ada pelayaran,” ujarnya.

Hotman menuturkan, pemberian izin operasi kapal berikutnya belum pasti akan dikeluarkan kapan. Yang jelas, kalau rekomendasi cuaca sudah membaik, tiga kapal tersebut bisa berlayar lagi.



Dengan kondisi seperti itu, lanjut dia, jadwal arus balik dari Bawean ke Gresik juga tertunda. Sebab, tiga kapal tersebut masih berada di Pelabuhan Gresik. “Kalau kapal dari Gresik sudah berlayar, artinya penumpang dari Bawean sudah bisa balik ke Gresik,” katanya.

Secara terpisah, Kabid Angkutan Dinas Perhubungan Gresik Roni Soebiyantoro mengatakan, sampai saat ini, baru ada 350 tiket arus balik untuk kapal gratis yang sudah ditukarkan. Padahal, ada 750 tiket arus balik gratis yang disiapkan.

Dishub memperkirakan, puncak arus balik bakal terjadi pada akhir pekan ini. Yakni, Sabtu dan Minggu. Sebab, Senin (10/6), aktivitas sudah kembali normal. “Kami berharap cuaca hari itu bagus sehingga tidak menghambat pelayaran arus balik,” ucapnya.

Menurut Roni, berdasar jadwal, hari ini (7/6) sudah ada kapal yang seharusnya berlayar. Yakni, Ekspress Bahari pukul 08.00 dan Natuna Ekspress pukul 07.00, kemudian Blue Sea Jet pukul 08.30. Itu berasal dari Pelabuhan Gresik. Dari Pelabuhan Bawean ke Gresik, Blue Sea Jet berlayar pukul 14.00 dan Natuna Ekspress pukul 13.00.

“Itu jadwal yang sudah disusun. Namun, karena cuaca buruk, pelayaran tersebut ditunda. Jadwal menyesuaikan,” ungkapnya. Jadwal arus balik diperkirakan sampai Minggu (16/6).