Gelar TC, Langsung Evaluasi Berat Badan Pemain Arema FC

Mulai Hari Ini, Arema FC Boyongan ke Batu

MALANG – Setelah libur Lebaran, mulai hari ini (23/6) hingga Sabtu (30/6), Arema FC akan melakukan pemusatan latihan atau training center (TC) di Kota Batu. Ajang ini juga akan dijadikan evaluasi tes kesehatan setelah libur Lebaran selama 10 hari. Yakni, sejak 9–19 Juni lalu.

Sebelum Lebaran, para penggawa klub berjuluk Singo Edan itu sudah dites kesehatan. Tes itu meliputi pengontrolan berat badan, massa otot, dan massa lemak. Meski sudah menjalani tiga hari latihan sejak Rabu lalu (20/6), para pemain belum aman. Sebab, hari ini mereka bakal ada penimbangan berat badan di hari pertama training center.

”Saat ini kami masih belum tahu apa ada kenaikan berat badan berlebih atau tidak dari pemain,” ucap dokter tim Arema FC Nanang Tri Wahyudi.

Dia menjelaskan, hal itu tidak dilakukan pada hari pertama latihan pasca-Lebaran, tapi pada hari pertama pemusatan latihan yang bakal dimulai hari ini.

Namun, dia menuturkan bahwa kenaikan berat badan pada pemain dipastikan memang ada. ”Kalau ada kenaikan, itu wajar. Pasti ada,” imbuhnya. Dia menjelaskan jika dibandingkan saat Ramadan yang memang dipastikan tubuh para pemain kekurangan cairan. Setelah Lebaran dipastikan memang bakal naik berat badan mereka.

Meski begitu, dia tidak terlalu mengkhawatirkan hal tersebut. Sebab, dia menilai bahwa kenaikan tubuh pemain tidak terlalu signifikan.

Untuk diketahui, sebelumnya dokter tim hanya memberi toleransi kenaikan berat badan 2 kilogram. ”Kalau dilihat sekilas, kenaikan berat badan mereka tidak ada yang sampai 2 kilogram. Mungkin hanya 1 kilogram,” imbuh dokter yang akrab disapa Nanang tersebut.

Sementara itu, pelatih Arema FC Milan Petrovic menuturkan bahwa TC ini digelar untuk mengevaluasi banyak hal. ”Kami ingin selalu mencoba meningkatkan permainan,” ujarnya.

Tak hanya itu, dia menyampaikan bahwa gelaran TC tersebut difokuskan pada tiga laga berikutnya. ”Kami akan menghadapi tiga laga berat pada 7, 11, dan 15 (Juli). Kami harus persiapkan hal itu,” ujar pelatih berlisensi kepelatihan UEFA Pro tersebut.

Untuk diketahui, Arema berturut-turut akan menghadapi Persela Lamongan (7/7), Barito Putera (11/7), dan PS Tira (15/7).

Dia menjelaskan, gelaran TC selama delapan hari itu cukup untuk meningkatkan permainan dan kekompakan tim.

”Kami siapkan 8 hari di Batu. Kami akan menyiapkan semuanya. Saya rasa kami masih memiliki cukup waktu untuk fokus pada tiga pertandingan itu,” imbuh pelatih berkebangsaan Serbia tersebut.

Salah satu pemain Arema FC Hendro Siswanto juga menanggapi positif bakal digelarnya pemusatan latihan tersebut. ”Itu memang kami butuhkan. Seperti pada penguatan taktik, fisik, dan teknik juga,” ujarnya.

Dia menanggapi bahwa hal yang dilakukan tim pelatih bukan untuk mencuri start dengan tim lain. ”Kalau mencuri start tidak, bahkan tim lain mungkin sudah ada yang mulai latihan sejak hari ini (kemarin),” imbuhnya.

Hendro hanya berharap bahwa setelah delapan hari pemusatan latihan tersebut, dia dan rekan-rekannya memang menunjukkan kenaikan permainan yang signifikan.

”Harapan di TC sih agar bisa lebih baik, lebih kompak. Intinya, saya ingin Arema bisa lebih baik lagi,” tandas Hendro.

Pewarta: Gigih Mazda
Penyunting: Irham Thoriq
Copy Editor: Dwi Lindawati
Foto: Darmono