Gelar Rapat Dinas 2019, Pelindo 1 Diminta Perhatikan SDM dan Inovasi

JawaPos.com – PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo 1 diminta untuk memperhatikan sumber daya manusia yang mampu melakukan inovasi guna perkembangan kedepan. Hal itu, diutarakan oleh Deputi Bidang Usaha Energi, Logistik, Kawasan dan Pariwisata Kementerian BUMN, Edwin Hidayat Abdullah, dalam Rapat Dinas Tahun 2019 yang digelar Pelindo, di Hotel Labersa Pekanbaru, Jumat (1/2).

Edwin menyatakan hal itu karena, dalam perkembangan industri, setiap proses bisnisnya ditandai dengan penggunaan teknologi digital. “Yang perlu diperhatikan oleh Pelindo 1 untuk menjadi garda terdepan, harus didukung oleh Sumber Daya Manusia yang mampu menerapkan fairness, berkolaborasi, dan melakukan inovasi,” papar Edwin dalam keterangannya, Jumat (1/2).

Rapat yang digelar sejak 31 Januari hingga 2 Februari 2019 ini, bertemakan “Pelindo 1 4.0 It’s Our Future: New Paradigm, New Era”. Dalam kesempatan itu, turut hadir Direktur Utama Pelindo 1, Bambang Eka Cahyana serta Dewan Komisaris Pelindo 1, Bambang Setyo Wahyudi yang mewakili Komisaris Utama Pelindo 1 beserta jajaran Komisaris dan Direksi Pelindo 1.

Dalam Rapat Dinas kali ini, diawali dengan sharing session yang menghadirkan narasumber Founder & CEO MarkPlus Inc., Hermawan Kertajaya yang menyampaikan materi mengenai Marketing 4.0. Selain itu ada Liesbet Spanjaard yang menyampaikan materi National Lead for Deloitte’s Infrastructure Advisory Freight Practice and leads the NSW Transport Cluster. Turut Hadir juga Senior Vice President Organizational Transformation Pelindo 1, Hartono.



Direktur Utama Pelindo 1,1, Bambang Eka Cahyana mengatakan penyelenggaraan Rapat Dinas tahu 2019 ini nampak berbeda dengan tahun sebelumnya. Tahun ini katanya, dikemas bergaya anak milenial.

“Kami ingin di Rapat Dinas tahun 2019 ini, semua insan Pelindo 1 mengeluarkan seluruh kreativitas dan ide-ide gila. Berpikir out of the box yang biasanya identik dengan anak milenial untuk berkembang menjadi lebih baik,” terang Bambang Eka Cahyana.

“Dunia telah memasuki revolusi industri 4.0 yang ditandai dengan perubahan proses industri yang lebih mengedepankan penggunaan teknologi tanpa batas ruang dan waktu. Dengan perubahan proses bisnis, Pelindo 1 siap untuk melakukan revolusi bisnis kepelabuhanan dan logistik dengan melakukan transformasi digital di setiap segmen proses bisnisnya,” imbuhnya.

Rapat Dinas merupakan rapat tahunan yang rutin diselenggarakan oleh Pelindo 1. Dimana tujuannya untuk menetapkan Rencana Kerja Tahunan yang diikuti oleh seluruh General Manager Cabang Pelabuhan yang ada di lingkungan kerja Pelindo 1, Direktur Anak Perusahaan, dan para pejabat struktural Pelindo 1

Selain sharing session, dalam rapat tersebut juga dilakukan focus group discussion, dan kunjungan ke Pelabuhan Perawang, Siak.

Editor           : Budi Warsito