Gelar Rakernas Lagi, PDIP Siapkan Konsep Haluan Negara demi Indonesia Berdikari

PDIP Tidak Usung Mantan Koruptor di Pilkada 2020 - JPNN.com

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto. Foto; Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA – PDI Perjuangan bakal menggelar rapat kerja nasional (rakernas) pada 10-12 Januari 2020 di JIExpo Kemayoran. Rakernas partai pimpinan Megawati Soekarnoputri itu akan menghadirkan Presiden Joko Widodo, Wapres KH Ma’ruf Amin dan para menteri.

Namun, PDIP tak hanya mengundang pejabat-pejabat penting. Sebab, partai pemenang Pemilu 2019 itu juga mengundang sejarawan, budayawan, arkeolog, pakar gizi dan ahli obat tradisional.

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan, partai berlambang kepala banteng itu tengah berikhtiar mewujudkan Indonesia yang berdikari. Dalam rangka mewujudkan kemandirian itu pula PDIP mendorong penyusunan haluan negara.

“Semangat berdikari menjadi dasar penyusunan haluan negara. Haluan negara adalah jalan kebudayaan, jalan kemakmuran yang berdiri kukuh di atas sumber daya nasional bangsa,” ujar Hasto melalui layanan pesan, Sabtu (14/12).

Politikus asal Yogyakarta itu menegaskan, Indonesia merupakan negeri yang paling kaya akan bahan pangan, rempah-rempah, obat-obatan, bumbu-bumbuan, serta berbagai flora dan fauna. Dengan riset dan inovasi yang didukung sistem produksi tepat, Hasto meyakini kekayaan alam Indonesia bisa membawa kemakmuran.

“Semangat inilah yang kami digelorakan,” katanya.

Lebih lanjut Hasto mencontohkan potensi Indonesia sebagai produsen terbesar sarang burung walet. Produksinya mencapai 2.500 ton per tahun dengan nilai lebih dari USD 3 miliar.

“Ini sumber protein dan sekaligus sangat baik untuk kesehatan. Pasar internasional, khususnya Jepang dan Tiongkok sangat besar,” tuturnya.