Gelar Konser di Arab Saudi, BTS Tuai Kritik. Kenapa Ya?*

RADARMALANGID – Boyband nomor satu dunia saat ini, BTS, baru saja dihujani kritik. Penyebabnya, Jungkook dkk itu menggelar konser di Arab Saudi.

Jumat (11/10) malam, BTS tampil di King Fahd International Stadium, untuk tur konser mereka Love Yourself: Speak Yourself tour. Grup asuhan Big Hit Entertainment itu menjadi artis non Arab pertama yang manggung di stadion Arab Saudi.

Army, fans BTS, sudah menyambut idola mereka dengan meriah sejak di bandara. Dilansir melalui The Guardian (14/10), ada sekitar 30.000 fans memenuhi venue konser yang berada di kota Riyadh tersebut. Bahkan, banyak dari mereka yang terbang dari negara Timur Tengah lain seperti Kuwait dan United Arab Emirates (UEA).

Penampilan BTS boleh jadi medapat respon luar biasa. Namun di balik kemeriahan konsernya, grup yang debut pada tahun 2013 itu menuai komentar negatif dari banyak pihak, termasuk dari fans-nya sendiri. Mengapa?

*Dikaitkan Kasus HAM Kerajaan Arab Saudi*

Tahun 2018 dunia dibuat geger setelah salah satu jurnalis kenamaan Arab Saudi, Jamal Khassogi, dibunuh di konsulat Arab Saudi di Istanbul, Turkey. Hubungan Jamal dengan kerajaan Arab Saudi terbilang tidak harmonis, hal inilah yang kemudian disinylir jadi penyebab aksi pembunuhan tersebut. Kedatangan BTS dianggap ‘menghapus’ jejak hitam pelanggaran HAM dan mendukung rezim Arab Saudi.

*Kontra Dengan Kampanye di PBB*

Unicef, salah satu badan PBB yang fokus pada kesejahteraan anak-anak, menggadeng BTS dalam kampanye anti kekesaran #ENDviolence. Namjoon atau RM, leader BTS, juga pernah menyampaikan pidato ‘Speak Yourself’ di kantor pusat PBB tahun 2018. Di sisi lain, sejarah menyebutkan jika Arab Saudi membatasi hak-hak perempuan, tindakan sensor, hingga menolak komunitas LGBTQ. Penampilan di Riyah seolah bertolak belakang dengan aktifitas mereka di PBB. ‘Whitewashing’ atau melaburkan rezim otoriter pun dituduhkan pada BTS.

Terkait kritik masif yang didapat, grup beranggotakan 7 orang itu akhirnya melakukan pembelaan. “Aku tidak akan mengatakan ini mudah, tapi kami secara resmi diundang,” ujar RM saat interview bersama Hollywood Reporter. Jimin, anggota BTS lainnya menambahkan mereka akan datang ke tempat dimana orang-orang ingin melihat BTS.

Pewarta : Zhavirra Noor Rivdha
Foto : Istimewa
Editor :Indra M