Gelapkan Hasil Jualan Kosmetik, Sales Pria nan Gagah Disikat Polisi

MALANG – Buta karena harta, Andi Prastika sampai rela melakukan penggelapan uang perusahaan tempatnya sendiri bekerja. Pria yang bekerja sebagai sales di salah satu perusahaan distributor merk Kapal Api bernama PT. Fastrata Buana yang juga menjual sub-produk berupa kosmetik ini digelandang ke Polres Malang setelah dilaporkan oleh perusahannya sendiri.

“Terangka melakukan penggelapan dengan cara melakukan penjualan yang ia lakukan secara fiktif,” ujar Wakapolres Malang, Kompol Yhogi Setiawan, saat rilis tersangka di Polres Malang, Rabu, (13/3).

Faktur fiktif ditemukan polisi dan digunakan sebagai alat bukti penangkapan pelaku. “Jadi dia menjual, tapi tidak disetorkan ke perusahaan,” sambungnya.

Usai beberapa hari dilaksanakan audit internal oleh perusahaan, barulah perusahaan sadar ada defisit dan kerugian total sebesar Rp 610,9 Juta.

“Baru perusahaan melaporkan tersangka ke Satreskrim Polres Malang,” kata Yhogi.



Pelaku yang mengaku berasal dari Pakisaji ini memegang distributor kosmetik merk Implora dan menggelapkan uang hasil penjualan dengan menerbitkan faktur palsu.

“Sementara kita dalami hanya digunakan untuk pribadi, hal ini dilakukan mulai 2017 sampai sekarang, dan baru diketahui pada Februari 2019 lalu,” tutup Yhogi.

Pelaku pun melanggar pasal 374 KUHP dengan ancaman hukuman 5 tahun penjara.

Pewarta: Elfran Vido
Foto: Elfran Vido
Penyunting : Fia