Garap Generasi Muda, Pasang Target Besar di Pemilu 2024

Garap Generasi Muda, Pasang Target Besar di Pemilu 2024

Bersama Perindo, partai besutan Konglomerat Media Harry Tanoesoedibjo, PSI digadang-gadang menjadi kuda hitam. Manvuer politik PSI beberapa acap kali mengundang perhatian publik. Ketika itu, PSI langsung mendeklarasikan mendukung Presiden Joko Widodo.

Adapun PSI didirikan pada 16 November 2014 oleh salah satu news anchor alias pembawa acara Grace Natalie. Nama Grace cukup populer di belantika pertelevisian nasional. Terutama ketika dirinya bergabung bersama Karni Ilyas di TV One.

Ketua Umum PSI, Grace Natalie
(Dok. JPNN/JawaPos)

Sebelum membidani PSI, Grace aktif di lembaga konsultan politik Saiful Mujani Research dan Consulting (SMRC). Dia ketika itu daulat sebagai CEO.

Jika ditilik dari segmentasi politik, PSI boleh dikatakan menjadi partai yang fokus menggarap segmen pemilih pemula. Jargon ‘Partainya Generasi Muda’ pun selalu melekat pada PSI.



Selain Grace, ada sejumlah tokoh dan figur publik yang juga bergabung ke PSI. Di antaranya vokalis band Nidji, Giring Ganesha dan rekan sejawat Grace, Isyana Bagoes Oka.

Kepada awak media, Isyana mengatakan PSI menargetkan merebut 20 persen kursi di DPR. Mereka bertekad bisa mengusung calon presiden sendiri di Pemilu 2024. “Kami harus bisa mencalonkan presiden,” ujarnya di sela-sela penetapan partai yang lolos pemilu di Hotel Grand Cempaka, Jakarta, Sabtu (11/2).

Dia mengatakan, salah satu fokus partainya adalah menggarap para pemilih dari kalangan pemuda. Isyana optimistis dengan segudang program berbasis kepemudaan, banyak dari generasi muda tertarik bergabung dengan PSI.

“Kami akan menggerakan seluruh potensi yang ada untuk merebut simpati masyarakat. Untuk perubahan Indonesia yang lebih baik,” pungkas wanita yang sempat menjadi pembaca acara di salah satu stasiun televisi swasta nasional itu.

Dilansir dari sejumlah sumber, sedari awal PSI memang berfokus menggaet kalangan muda atau ke generasi milenial sebagai target sasarannya. ?Mereka pun selalu bersosialisasi pada para anak muda jangan takut ikut politik.

Partai ini membawa platform tentang solidaritas, pluralitas beragama, suku, dan bangsa. Mereka mengklaim jika partainya bakal diisi tokoh-tokoh anak muda dan tidak ingin adanya “bekas” politisi partai lain yang memasuki partai ini.

Salah satu aturan PSI adalah pengurus partai dibatasi maksimal 45 tahun. Di daerah atau kepengurusan tingkat kota dan kabupaten, rata-rata berumur 20-30 tahun.


(ce1/gwn/JPC)