Gara-Gara Rem Blong, Truk Bermuatan Sembako Ini Terguling di Jombang Sinergi Jawa Pos

JOMBANG – Kecelakaan tunggal terjadi di Jalan Basuki Ramhat, Jumat malam (25/8). Gara-gara rem blong, truk muatan sembako bernopol DK 9301 WG yang dikemudikan Ali Kusnan, warga Desa Sepanjang, Kecamatan Taman, Kabupaten Sidoarjo ini terguling. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut.

Keterangan yang dihimpun di lokasi menyebutkan, tergulingnya truk itu terjadi sekitar pukul 18.30 WIB. Semula, truk melaju dari arah timur menuju barat. ’’Dari Gresik mau kirim tepung dan minyak goreng ke Kabupaten Madiun,’’ kata Ali Kusnan, sopir truk di lokasi.

Namun, dalam perjalanan laju kendaraannya tidak berjalan normal.  Menurutnya rem truk tidak berfungsi sudah terasa ketika melintas di depan Stasiun Kereta Api Jombang. ’’Makanya saat itu saya berjalan agak pelan,’’ imbuhnya.

Tepat sebelum traffic light  di Jalan Basuki Rahmat, rem benar-benar sudah blong dan tidak berfungsi. ’’Kebetulan di depan lampu merah, banyak kendaraan berhenti,’’ terangnya.

Karena kendaraannya sudah tidak bisa dikendalikan, dia kemudian memutuskan untuk banting setir ke kiri. Seketika itu, truk yang dia kemudian langsung terguling di pinggir jalan.

Dikonfirmasi, Kanit Laka Satlantas Polres Jombang, Iptu Sulaiman membenarkan kejadian tersebut. ’’Jadi semula truk berjalan dari arah timur ke barat, karena rem blong sopir kemudian banting ke kiri.

Sehingga truk tersebut terguling di parit,’’ ungkapnya.Tidak ada korban jiwa dalam kecelakaan tunggal itu. Sopir truk juga tidak mengalami luka. ’’Kerugian materiil sekitar Rp 10 juta,’’ pungkasnya.

(jo/fid/bin/JPR)