Gara-gara 'Frozen 2', Disney Korea Kena Tuntut

ZETIZEN.ID – Baru-baru ini Disney Korea dituntut karena memonopoli bioskop lewat penayangan ‘Frozen 2’. Tuntutan tersebut dilayangkan oleh warga Korea Selatan yang tergabung dalam kelompok SARAMIN.

Kelompok tersebut menuntut Disney Korea atas Undang-Undang Antimonopoli karena mengambil alih layar film. SARAMIN melaporkan bahwa pada 23 November, ‘Frozen 2’ tayang di 88 persen layar bioskop Korea.

Sementara itu, berdasarkan UU, bisnis tidak boleh menampung lebih dari 50 persen pasar.

Tak hanya di Korea Selatan, aturan serupa turut diberlakukan di Prancis, bahwa tidak ada film yang diperbolehkan untuk tayang lebih dari tiga layar dalam satu bioskop. Di AS sendiri, batasannya mencapai 30 persen.

Dilansir dari Allkpop (3/12), monopoli layar ini lantas membuat penonton bioskop Korea tidak punya pilihan lain selain menonton ‘Frozen 2’. Hal itu juga yang kemudian menjadi dasar utama tuntutan warga Korea Selatan.

Sejak tayang pada 21 November lalu di Korea, ‘Frozen 2’ memang langsung melesat ke puncak box office. Selama sepekan sejak tayang, tiket ‘Frozen 2’ telah terjual lebih dari 4,4 juta di 2.648 layar atau setara dengan US$ 32 juta. Angka itu diperkirakan bertambah jauh setelah hampir dua pekan penayangan.

‘Frozen 2’ merupakan sekuel dari salah satu film animasi terlaris sepanjang masa dalam sejarah Disney, ‘Frozen’, yang dirilis pada 2013. Kisah sekuel ini dimulai setelah tiga tahun Elsa dan Anna hidup bahagia di kerajaan Arendelle.

Penulis: Elsa Yuni Kartika
Foto: Istimewa
Penyunting: Fia