Ganti Popok Cucu, Rumah Terbakar

MALANG KOTA – Nasib nahas dialami pemilik usaha kerupuk asal Jalan Terusan Mergan, Kelurahan Tanjungrejo, Kecamatan Sukun, Juma’ati. Hanya ditinggal 5 menit untuk mengganti popok cucunya, hampir separo rumahnya terbakar kemarin (22/10). Hal itu terjadi akibat api dari kompor gas yang digunakan untuk memasak terterpa angin.

”Api menyambar minyak goreng dan kertas, sehingga api semakin membesar,” ujar Juma’ati. Dia menceritakan, kejadian bermula saat kompor di lantai dua ditinggal dalam kondisi menyala.

Saat itu, dia turun ke lantai satu untuk mengganti popok cucunya. ”Tidak tahunya setelah 5 menit kemudian saat saya kembali ke lantai dua, api sudah membesar,” imbuh nenek dari satu cucu itu.

Melihat kejadian itu, spontan dia berteriak meminta tolong ke warga sekitar untuk memadamkan api. Warga sekitar yang datang lantas membantu memadamkan api dengan menggunakan alat pemadam api ringan (APAR) dengan tujuannya mengambil gas LPG yang berpotensi memperbesar api.

”Alhamdulillah warga berhasil memadamkan api di sekitar gas LPG. Kalau tidak, mungkin api akan lebih besar lagi,” tuturnya.

Tidak berselang lama, armada pemadam kebakaran juga datang untuk memadamkan si jago merah. ”Ya, beruntung apinya tidak sampai merembet hingga lantai satu,” ujar Komandan Regu II Damkar Kota Malang Sunarko.

Tidak ada korban jiwa atau luka dalam kejadian tersebut. Namun, Sunarko memperkirakan kerugian yang dialami oleh Juma’ati mencapai Rp 40 juta. ”Itu dari atap semua kan hilang, terus kasur terbakar dan bahan baku kerupuknya juga kan sebagian besar terbakar,” tutupnya.

Pewarta : Imron Haqiqi
Copy Editor : Amalia Safitri
Penyunting :Ahmad Yani