Gandeng Yayasan Putra Pancasila, Unikama Mandirikan Penyandang Disabilitas dengan Frozen Food

KOTA MALANG – Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama) bekerjasama dengan Yayasan Putra Pancasila Malang menggelar pelatihan membuat frozen food bagi puluhan siswa SMA SLB tuna grahita dan beberapa penyadang tuna runggu Malang.

Pelatihan yang merupakan salah satu program pengabdian dosen Unikama, Hena Dian Ayu dan Wignyo Winarko ini bertujuan untuk memandirikan penyandang disabilitas secara ekonomi.

“Kedua dosen itu melakukan pengabdian untuk memberdayakan penyandang disabilitas agar siap secara ekonomi,” terang Dosen Unikama, Hena Dian Ayu kepada radarmalang.id.

Adapun jenis frozen foods yang diajarkan, yakni nugget, siomay, tahu bakso dan tahu walik. Pemilihan varian itu karena keempat jenis frozen food itu cukup popular di kalangan konsumen akhir-akhir ini.

“Berdasarkan hasil survey memang varian frozen foods ini yang paling laris di pasaran,” tuturnya.



Selain memberikan pelatihan pembuatan frozen foods, kedua dosen tersebut juga mengajarkan cara pengemasan, manajemen pemasaran frozen foods dan juga memberikan alat produksi.

“Itu semua(proses pengemasan, pemasaran dan pemberian alat produksi) diberikan agar semakin meningkatkan kemandirian mereka (penyandang disabilitas),” imbuh Hena.

Sementara itu, Ketua YP2 Malang, Ummi Salamah menyambut baik pelatihan yang diberikan oleh Unikama. Ia berharap agar pelatihan-pelatihan untuk disabilitas semakin banyak.

“Sangat berharap banyak program pengabdian serupa, sehingga para penyandang disabilitas tidak merasa dianaktirikan dan mereka memiliki kemandirian terutama di bidang perekonomian,” ujar Ummi.

Pewarta: Bob Bimantara Leander
Foto: Istimewa
Penyunting: Fia