Gandeng Pondok Pesantren, STIKes WCH Siap Ekspansi Kampus ke Luar Daerah

KEPANJEN – Tidak cukup hanya memiliki satu kampus, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Widya Cipta Husada (STIKes WCH) berharap bisa membangun dan mengembangkan lebih jauh kampus mereka menjadi berjejaring. Sebagai perguruan tinggi yang sudah berjejaring dalam Lembaga Perguruan Tinggi Nahdlatul Ulama (LPTNU) sudah sewajarnya STIKes WCH bekerjasama dengan lembaga lain yang juga masuk didalamnya.

Salah satu yang sudah melaksanakan MoU menurut STIKes WCH adalah Pondok Pesantren An-Nur Bululawang. “Di sana (Ponpes An-Nur Bululawang) siswanya seribu, banyak sekali, jadi rencana ke depan, jika program ini berjalan, kita bisa realisasikan STIKes Widya Cipta Husada II,” terang Wakil Ketua IV STIKes WCH Nurya Viandika SST MKes.

Perempuan yang akrab disapa Via ini menambahkan, STIKes WCH II istilah untuk kampus mini yang bekerjasama dengan lembaga terkait, dalam hal ini adalah Pondok Pesantren An-Nur Bululawang. “Kita bisa pinjam kelasnya, mahasiswanya lulusan SMK sana,” paparnya.

Cara selanjutnya, STIKes WCH sejak tahun 2019 ini bakal menggandeng pondok-pondok pesantren yang juga tergabung dalam sistem pendidikan NU agar menyalurkan lulusan pondok yang berminat menjadi tenaga kesehatan ataupun berminat untuk langsung magang di luar negeri.

“Di sana nanti ada STIKes WCH Kampus II atau Kampus B, ya itu rencana kami ke depan tahun 2032, tapi harus kita mulai sejak 2019 ini agar hasilnya maksimal,” kata wanita berjilbab ini.



Civitas akademika kampus beserta Ketua STIKes WCH, Dr Tayubi Hariyanto SE MM sebelumnya juga hadir di salah satu ponpes di Probolinggo dalam rangka MoU. “Nanti ke depan kita akan coba juga di Banyuwangi, Jember atau Probolinggo. Berharapnya sih kita bisa buat sampai kampus B, kampus C, kampus D, itu rencana dan visi kita ke depan,” tutup Via.

Target di Banyuwangi sendiri adalah Pondok Pesantren Ibnu Sina, sedangkan Probolinggo adalah Pondok Pesantren Roudlotut Tholibin Kademangan yang bakal digandeng STIKes WCH dalam pengembangan kampus dan menarik mahasiswa di sana. “Tidak menutup kemungkinan juga nanti ada dosen kita yang ditugaskan ke sana jika MoU ini terwujud,” tandas Wyssie Ikasari S.Kep NERS M.Kep, Koordinator Kurikulum STIKes WCH.

Pewarta: Elfran Vido
Foto: STIKes WCH

?