Gandeng Bawaslu, Unikama Rencanakan Sekolah Pemilu

KOTA MALANG – Belajar memang harus dari ahlinya. Metode pembelajaran praktik siap diterapkan Unikama (Universitas Kanjuruhan Malang) tahun 2020 menggandeng kerjasama dengan Bawaslu Kota Malang.

Dinamakan sekolah pemilu, kegiatan ini bakal dilakukan 1 minggu 2 hingga 3 kali pertemuan.

Hal ini imbas kedatangan Ketua Bawaslu (Badan Pengawas Pemilu) Kota Malang, Alim Mustofa dalam kegiatan kuliah umum beberapa waktu lalu. Bawaslu diutus untuk memberikan pemahaman dan wawasan akan pemilu serta hak konstitusi kepada mahasiswa Prodi (Program Studi) Hukum dan PPKn Unikama.

“Kita dari Fakultas Hukum berharap setelah kegiatan ini mahasiswa bisa mengetahui tentang apa itu pemilu atau pilkada. Mereka bisa ikut terlibat untuk membantu dan praktik langsung. Mahasiswa kita harapkan juga bisa terjun ke dalam masyarakat,” tutur Dekan Fakultas Hukum Unikama, Dr Suciati, SH MHum

Bawaslu tidak memungut biaya sepeserpun dalam kegiatan kuliah tamu mendatang. Hal ini juga karena tugas Bawaslu salah satunya menjalin kerjasama dengan Perguruan Tinggi.

Kuliah umum sendiri diikuti sekitar 260 mahasiswa dan merupakan start awal kerjasama baik antara Unikama dengan Bawaslu.

Mahasiswa Fakuktas Hukum (FH) Unikama lewat acara yang dibuat SMFH (Senat Mahasiswa Fakultas Hukum) diajak untuk mengenal seluk beluk dunia pemilu lebih dalam di Indonesia.

“Dalam kegiatan ini mahasiswa akan dijelaskan tentang peran Bawaslu yang ada di Kota Malang. Sehingga mahasiswa bisa tahu tentang praktik dan tugas Bawaslu,” ungkap Suciati.

Tak hanya itu, mahasiswa juga harus tahu bagaimana mengatasi permasalahan yang terjadi saat pemilu maupun pilkada. Tahapan-tahapan yang dilakukan dan teknik pengamanan file-file, diajarkan tuntas oleh Bawaslu.

Pewarta: Elfran Vido
Foto: Unikama
Penyunting: Fia