Ganas! Timnas U-16 Indonesia Libas Mariana Utara 15-1, Lihat Golnya

Eks Gelandang Perseru BLFC Dipinang PSS Sleman - JPNN.com

Pemain U-16 Indonesia Alexandro Felix melepaskan tendangan pada Kualifikasi Piala Asia U-16 2019 Indonesia Vs Kepulauan Mariana Utara di Stadion Madya, Jakarta, Rabu (18/9). Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA – Timnas U-16 Indonesia berpesta gol saat meladeni Kepulauan Mariana Utara pada laga Grup G kualifikasi Piala Asia 2020. Tim asuhan Bima Sakti itu menang 15-1 dalam laga yang digelar di Stadion Madya Gelora Bung Karno, Jakarta, Rabu (18/9).

Indonesia pun kini memuncaki klasemen sementara Grup G dengan selisih gol 18, lebih baik ketimbang Tiongkok dengan 13 gol. Tiongkok pun harus turun ke posisi kedua meski poin kedua tim sama-sama enam hasil dua kemenangan dari dua pertandingan.

Dalam laga kontra Kepulauan Mariana Utara tersebut, gelandang serang Marselino Ferdinan membuat lima gol yakni pada menit kesembilan, 51, 53 (penalti), 63 dan 90. Penyerang Ahmad Athallah menorehkan empat gol di menit ke-16, 18, 26 dan 42.

Gol-gol Indonesia lainnya diciptakan ole Wahyu Pratama (59′, 78′), Ruy Arianto (58′, 73′), Aditya Daffa Al Haqi (15′) dan Mikael Tata (88′). Sementara Kepulauan Mariana Utara memperkecil keunggulan berkat gol Jim Kurt Maniago (45+2′).



Pada pertandingan tersebut, pelatih timnas U-16 Indonesia Bima Sakti mengubah susunan ‘starting eleven’ skuadnya. Tidak ada nama-nama seperti Alfin Lestaluhu, Kadek Arel Priyatna, Elvateeh Arkhada, Raka Cahyana Rizky dan Muhammad Valeroen yang diturunkan sejak awal kala bersua Filipina, Senin (16/9). Bima mengganti mereka dengan pemain-pemain layaknya Mikael Tata, Mochamad Shaifullah, Ruy Arianto, Diandra Diaz Dewari dan Aditiya Daffa Al Haqi.

Sementara pelatih Kepulauan Mariana Utara Mita Michiteru tetap memainkan Kohtaro Goto yang untuk sementara menjadi satu-satunya pencetak gol Kepulauan Mariana Utara di Kualifikasi Piala Asia U-16 2020.

Indonesia langsung menggempur pertahanan Mariana Utara sejak awal laga. Baru sembilan menit pertandingan berjalan, gelandang serang Marselino Ferdinan membuka keunggulan Indonesia melalui sepakannya dari dalam kotak penalti.

Tim berjuluk Garuda Asia menggandakan keunggulan di menit ke-15 berkat sundulan Aditya Daffa yang memanfaatkan umpan Alexandro Kamuru. Satu menit berikutnya, giliran Ahmad Athallah yang mencatatkan namanya di papan skor. Setelahnya, Athallah membuat tiga gol lain secara beruntun di menit ke-18, 26 dan 42.