Gamer Bersiaplah, Nintendo Switch Versi Baru Masuk Tahap Produksi

JawaPos.com – Beberapa waktu lalu santer kabar bahwa Nintendo tengah mempersiapkan lini terbaru dari konsol game Switch-nya. Bukan satu, tapi dua Nintendo Switch yang konon akan dilepas vendor game itu dalam waktu dekat ini.

Sebagaimana JawaPos.com kutip dari DigitalTrends, Selasa (18/6), model Nintendo Switch yang baru sedang dalam perjalanan (proses produksi). Sebelumnya Nintendo disebut akan meluncurkan dua model baru Switch pada pameran game E3 2019, namun pengumuman itu tidak terjadi saat acara tersebut.

Kini, menurut laporan dari Wall Street Journal dan sumber dalam Nintendo yang dekat dengan rantai pasokan, perangkat kabarnya sudah masuk produksi. Salah satu model Nintendo Switch baru dilaporkan akan terlihat sama dengan versi asli atau pendahulunya, tetapi dengan komponen internal yang ditingkatkan.

Sementara itu, Switch baru lainnya diharapkan memiliki tampilan lebih segar tetapi dengan spesifikasi lebih rendah, sehingga membuatnya lebih murah. Perubahan yang dikabarkan meliputi penghapusan fitur Joy-Con rumble atau fitur getaran dan kemampuan bermain game dalam mode genggam saja.



Laporan tersebut mengklaim bahwa dalam upaya untuk mempertahankan keuntungan, Nintendo juga berencana memindahkan beberapa proses produksi versi asli dan dua model baru ke Asia Tenggara. Sebelumnya Nintendo Switch dibuat di Tiongkok.

Hal tersebut dilakukan karena perang dagang antara Amerika Serikat (AS) dan Tiongkok. Buntutnya, AS yang menjadi pasar potensial Nintendo Switch akan sedikit mengalami kendala lantaran konsol yang baru jika dibuat di Tiongkok dan akan dipasarkan ke AS akan dikenakan pajak impor 25 persen untuk barang elektronik yang dibuat di Tiongkok.

Tarif tersebut dapat menyebabkan harga yang lebih tinggi untuk konsol video game buatan Tiongkok. Ini meliputi Nintendo Switch, PlayStation 4, dan Xbox One. Nintendo, Sony, dan Microsoft dapat memilih untuk menyerap sendiri biaya tambahan, tetapi itu akan sangat mempengaruhi berapa banyak uang yang mereka hasilkan dari penjualan konsol.

Dengan sistem yang sekarang dalam produksi, Wall Street Journal mengatakan bahwa mereka akan segera merilisnya, meskipun masih belum jelas kapan Nintendo akan mengumumkan model-model baru. Pada E3 2019, perusahaan malah mengungkapkan permainan baru, termasuk sekuel The Legend of Zelda: Breath of the Wild, No More Heroes III, Kontra: Rogue Corps, The Dark Crystal: Age of Resistance Tactics, dan port of The Witcher 3.

Nintendo juga memberikan informasi lebih lanjut tentang judul-judul yang diumumkan sebelumnya The Legend of Zelda: Link’s Awakening, Luigi’s Mansion 3, Animal Crossing: New Horizons, Marvel Ultimate Alliance 3: The Black Order, Sword dan Shield Pokemon, dan Astral Chain.