Gali Potensi Siswa di Bangka Belitung Lewat Peringatan Hardiknas

Gali Potensi Siswa di Bangka Belitung Lewat Peringatan Hardiknas

JawaPos.com – Meski Hari Pendidikan jatuh pada 2 Mei, Pemda Kepulauan Bangka Belitung sudah merayakan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) selama sepekan ini. Fokus perayaannya pada pentas seni yang ditampilkan oleh sekolah-sekolah di Pulau Timah tersebut.
 
“Sesuai arahan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, kebudayaan menyinari pendidikan,” kata Ketua Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) Enang Ahmadi di Pangkal Pinang. Unsur-unsur kearifan lokal kembali didekatkan kepada institusi pendidikan. Muaranya, sebagai salah satu langkah dalam mempertahankan kebudayaan. 
 
Dalam rangkaian peringatan Hardiknas, Pemda Kepulauan Bangka Belitung memiliki berbagai acara termasuk pentas seni. Dalam pentas seni tersebut, sekolah diwadahi untuk menampilkan berbagai kesenian dari Kepulauan Bangka Belitung. “Kami minta menampilkan tarian, baca pantun dan puisi, atau permainan alat musik,” bebernya. 
 
Jawa Pos berkesempatan untuk melihat langsung perayaan itu. Pada pukul 14.30 di Wilhemina Park, puluhan orang berkumpul. Jadwal pentas tadi sore adalah dari SMP N 1 Pangkal Pinang. Mereka diberi waktu dua jam untuk tampil.
 
Penampilan pertama adalah permainan alat musik tradisional seperti dambus (seperti gitar, Red), rebana, dan gendang melayu dimainkan. Penampilan selanjutnya adalah tarian. Mulai tari tradisional hingga tari modern. Kesenian bersajak pun juga mereka tampilkan.