Galakkan Pencegahan Stunting, Dinas Kesehatan Kota Malang Gelar Seminar Ilmiah

KOTA MALANG – Stunting (gangguan pertumbuhan yang dialami anak sehingga memiliki tinggi badan yang lebih rendah dari anak seusianya), masih jadi fokus Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) Dinas Kesehatan Kota Malang di tahun 2018 ini.

Masih dalam rangka Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 54 di Kota Malang, Dinas Kesehatan menggelar seminar ilmiah dengan tema Cegah Stunting Untuk Generasi Sehat Indonesia dalam rangka Hari Kesehatan Nasional Ke 54 Pemerintah Kota Malang, Sabtu, (24/11).

Seminar ini diisi materi dari dr. Ariani MKes Sp.A.(K) sebagai pembicara pertama membahas tentang Pengenalan dini, diagnosa dan penatalaksanaan stunting pada anak.

Pembicara kedua diisi oleh Suyanto S.Psi M.Psi. Psikolog membahas tentang tumbuh kembang anak menuju generasi sehat. Bedanya, Suyanto lebih membahas stunting dari sisi psikologis ibu dan anak.

“Stunting itu tidak hanya gizinya saja, tapi juga mood dari ibu, jadi bagaimana sebuah ibu dalam masa pertumbuhan janin,” ujar Meifta Eti Winindar SST MM, Kepala Seksi Kesga dan Gizi Dinkes Kota Malang yang bertugas sebagai moderator pada seminar ilmiah kali ini.



Ilmu seperti ini jelas harus disosialisasikan lewat masyarakat, khususnya lewat seminar seminar semacam ini

Bertempat di auditorium Politeknik Kesehatan Malang (Polkesma) seminar ilmiah ini diikuti mahasiswa dari seluruh Kota Malang, institusi, perwakilan rumah sakit, klinik bahkan laboratorium di Kota Malang. Masyarakat Umum juga hadir di acara yang dimulai sejak pukul 08.00 pagi ini.

“Stunting ini kan jadi kondisi kesehatan yang ada di sekitar kita, jadi akan sangat berguna bagi kita semua,” ujar moderator kepada audiens yang hadir.

Pewarta: Elfran Vido
Penyunting: Kholid Amrullah
Foto: Elfran Vido