Galakkan “Germas”, Dinkes Kota Malang Gandeng Aktivis Kesehatan

Kepala Dinkes Kota Malang, Asih Tri Rachmi (kiri)

KOTA MALANG – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang serius menggalakkan program Germas atau Gerakan Masyarakat Hidup Sehat pada Bulan Kesehatan Nasional pada bulan November ini.

Untuk menumbuhan kesadaran akan kesehatan pada masyarakat Kota Malang, pihak Dinkes Kota Malang ini hingga sengaja menggandeng aktivisi untuk program sosialisasi ke masyarakat secara langsung.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan Kota Malang Dr dr Asih Tri Rachmi Nuswantari MM.

“Kami pada hari kesehatan nasional ini juga bersama menggandeng dengan seluruh aktivis atau pelaku di bidang kesehatan,” ujar perempuan yang akrab disapa Asih tersebut.

Ia menuturkan bahwa ia bekerja sama dengan aktivis seperti dengan Persatuan Ahli Gizi (Persagi) untuk melakukan sosialisasi dan kontrol kesehatan gratis.



“Kita juga sudah lakukan ini sejak Minggu (11/11/2018) kemarin,” ujarnya.

Dirinya menuturkan bahwa kerja sama dengan Persagi tersebut dilakukan pada acara tempat di mana banyak masyarakat berkumpul, yakni di event car free day (CFD) di Jalan Simpang Balapan.

Ia menjelaskan bahwa kegiatan berupa penyuluhan serta pemeriksaan kesehatan gratis di acara CFD tersebut akan berlangsung setia minggu. Yakni mulai tanggal 11 November lalu, hingga 2 Desember mendatang.

Ia berharap bahwa pelayanan dari Dinas Kesehatan tersebut bisa tersalurkan dengan baik.

“Dengan konsultasi ini harapannya masyarakat bisa tahu cara diet, kadar gula darah, berat badan, tekanan darah. Dan agar konsultasi sesuai dengan kondisi mereka,” tegas Asih.

Pewarta: Gigih Mazda
Penyunting: Kholid Amrullah