Gagal-Bangkit Bikin Startup, Cocoknya di Masa Mahasiswa

KOTA MALANG – Membangun Startup atau usaha yang sukses biasanya tidak didapat dalam satu kali percobaan. Tapi melalui berkali-kali kesalahan dan kegagalan

Chief Executive Officer Qwords.com, Rendi Maulana mengatakan kalau masa mahasiswa adalah waktu yang cocok untuk memulai membangun usaha dan ‘menjajal’ kegagalan.

Sebab, lanjut ia, para konsumen akan mewajari jika produk atau pelayanan usaha mahasiswa belum semaksimal usaha rintisan yang profesional.

“Karena apa? Karena mahasiswa itu gagal masih diwajari. Paling kalau produk kita gak enak, orang akan berkata ‘oh wajar kan mahasiswa masih belajar’. Ya. Kita ini masih belajar dan masyarakat mewajari itu. Dan gagal itu mahasiswa anggap sebagai pelajaran dan pengalaman saja,” tuturnya saat menjadi pemateri di talkshow Credia Talk di Gedung Rektorat UIN Malang lantai 5 Sabtu (30/11).

Selain soal ‘kewajaran’, kata Rendi, pada masa mahasiswa tututan seseorang tidak sebesar saat beruumur 30-an.

Menurutnya jika sudah berumur 30-an ke atas, seseorang dituntut untuk melakukan pelayanan yang maksimal dalam perusahaannya karena dianggap sudah profesional.

“Apalagi jika gagal, kita bakal susah bangkit lagi karena mungkin sudah banyak tuntutan seperti berkeluarga, waktu yang sedikit dan lain-lain,” tuturnya. “Untuk itu memang yang tepat itu ya pas jadi mahasiswa ide masih fresh dan lagi bangun relasi sebanyak-banyaknya. Gagal ya coba lagi. Gagal itu wajar,” imbuhnya.

Sebagai informasi, Credia Talks merupakan rangkaian acara dari Credia ID yang deiselenggarakan oleh Fakultas Ekonomi dan Fakultas Sains dan Teknologi UIN Malang. Di acara tersebt selain ada talkshow, juga terdapat pula bebereapa lomba teknologi dan web seperti IoT Development, Game Development, Autonomus Sumo Robotic, Line Follower Robotic, dan Cinematography Competition.

Selain itu di Credia Talks juga mengundang beberapa expert startup, yakni, Lucky Esa, M. B.A (Coach Swiss Indonesia Accelerator), Iqbal Hariadi (Head of Marketing Kitabisa.com),

Pewarta: Bob Bimantara Leander
Foto: Bob Bimantara Leander
Editor : Indra M