Gadai Emas Bisa Langsung Booking Kursi Lewat Pegadaian Syariah

KOTA MALANG – Pegadaian Syariah ternyata tak hanya melayani proses gadai barang saja. Namun juga memiliki produk Arrum Haji yang menerima barang gadai, untuk booking kursi haji. Seperti apa?

Marketing Executive Pegadaian Syariah Malang, Berlia U Shoffia menerangkan program ini menerima gadai emas, logam mulia dan buku tabungan untuk pencairan dana haji Rp 25 juta.

“Biasanya kan orang di bank nabung, kalau udah lunas baru daftar. Kalau lewat pegadaian ini nasabah tinggal memberi jaminan atau rahn. Langsung di booking-kan kursi haji,” bebernya.

Berbeda dengan dana talangan, karena proses pencairannya tetap harus menaruh jaminan. Yaitu emas batangan minimal 3,5 gram atau emas perhiasan berkadar minimal 70 persen senilai 7 gram.

Jangan lupa siapkan fotokopi KTP, KK pas foto 4×6 5 lembar dengan background warna putih, dan surat keterangan domisili. Kalau sudah lengkap, datanglah ke pegadaian terdekat.

Atau kunjungi saja stan Pegadaian Syariah Expo Mall dan Haji Jawa Pos Radar Malang di Mall Olympic Garden (MOG) mulai tanggal 11-16 Februari 2020. Karena untuk pembukaan tabungan emas di Expo ini bakal ada promo free administrasi Rp 270 ribu dan berkesempatan mendapat souvenir.

Jika sudah membuka tabungan, Anda akan ditawarkan jangka waktu cicilan. Mulai dari angsuran 12 bulan sebesar Rp 2.336.200 dengan biaya proses awal Rp 840 ribu, sampai cicilan 60 bulan sebesar angsuran Rp 669.500 dan biaya awalan Rp 1.182.500.

“Sejak program ini dibuka, nasabahnya banyak yang milenial. Jadi orangtua yang daftarin anaknya. Karena udah terjamin setelah daftar tabungan langsung dapat kursi. Sambil nyicil ya sambil nunggu keberangkatan,” beber dia.

Ya, setelah terdaftar menjadi nasabah, pegadaian akan langsung menghubungkan nasabah ke bank syariah rekanan Pegadaian agara nasabah mendapat Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji ( BPIH).

“Kemudian langsung ke Kemenag untuk memdapat nomor porsi. Setelah selesai barulah nomor porsi dan BPIH diserahkan kembali ke pegadaian,” imbuhnya.

Jangan khawatir memilih Pegadaian Syariah, karena sudah sesuai fatwa Dewan Syariah Nasional Nomor 92/DSN-MUI/IV/2014. Proses pengajuannya pun mudah dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Pewarta: Rida Ayu
Foto: Rida Ayu
Penyunting: Fia