Foto Bos NKM Lagi di Kamar Beredar di Medsos, Kok Bisa?

borgol, tahanan diborgol

RADAR MALANG ONLINE – Foto Bos NKM Pro Tour and Travel, Nugrahyanti Khairil Anwar, beredar di media sosial (Medsos). Foto tersebut memperlihatkan Nugrahyanti berada dalam kamar di rumahnya. Hal itu sontak menjadi perbincangan di dunia maya.

Pada status WhatsApp-nya, Nugrahyanti mengunggah beberapa foto dirinya yang berdiri di depan kaca lemari kamar rumahnya. Ada juga foto bersama ibunya dan gambar menyamping dengan teks “Home Sweet Duyuh”.

Hal ini mengundang reaksi dari saksi korban yang merupakan perwakilan calon jamaah umrah Maros, Suhartati. Ia mengaku kecewa jika benar foto yang dipasang terdakwa itu betul adanya.

“Tindakannya keluar dari tahanan itu tentu sangat melukai kami sebagai jamaah,” ujarnya dikutip dari Fajar (Jawa Pos Group), Jumat (1/6).



Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Maros Muh Noor Ingratubun, mengatakan, secara aturan hal itu tidak diperbolehlan. Apalagi jika perintah majelis untuk mengembalikan yang bersangkutan ke tahanan.

Sementara Kepala Seksi Pidana Umum (Kasipidum) Muh Yusuf mengaku tidak tahu perihal yang terjadi. Apalagi, kata dia, oleh petugas atau pengawal dari Kejari membawa terdakwa kembali ke lapas sekitar pukul 17.00 wita.

Menurutnya, Setelah sidang tahanan memang sempat singgah ke kantor Kejari karena ada tahanan yang akan dibawa ke lapas. Makanya mereka baru kembali sekitar pukul 17.00 Wita.

“Sehingga tidak mungkinlah jika ia keluar, apalagi jika kita mengantar tahanan biasanya pemeriksaannya di lapas itu ketat,” ujarnya.

Terpisah, Kalapas Kelas IIA Kariango Warsianto mengatakan, berdasarkan prosedur, ketika ada sidang pengawalan tahanan diserahkan kepada yang melakukan penahanan.

“Secara yuridis, setelah tahanan dijemput oleh petugas pengawalan yang menahan untuk mengikuti sidang. Itu di luar kewanangan kami di Lapas,” katanya.

Berdasarkan buku masuk penjagaan, yang bersangkutan baru masuk sekitar pukul 20.30 wita, sedang terdakwa lainnya masuk pukul 16.20 Wita.

(fab/jpg/JPC)