Forum Tionghoa-Disnaker Bedah Rumah Warga

PAKISAJI – Kepedulian Forum Komunikasi Warga Tionghoa Malang Raya (FKWTMR) dalam bidang sosial kemanusiaan terus berjalan. Tak hanya terpanggil saat bencana datang, mereka juga terlibat dalam kegiatan bedah rumah di Kabupaten Malang.

Bersama Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Malang, komunitas ini berkontribusi membedah rumah-rumah kurang layak milik warga. ”Kami ikut dalam kegiatan Gema Desa yang digagas Pemerintah Kabupaten Malang. Selasa (19/3), turun di Kecamatan Pakisaji,” ungkap Agus Setiawan Kusuma, sekretaris umum FKWTMR kemarin (21/3).

Menurut dia, Pakisaji adalah wilayah kelima yang diikuti FKWTMR dalam Gema Desa. Rata-rata, dalam satu giat, ada dua hingga tiga rumah yang dibedah. Jika ditotal, maka telah ada 15 rumah kurang layak huni yang mendapatkan donasi. ”Masing-masing rumah mendapatkan bantuan uang tunai Rp 10 juta,” ujarnya.

Sebelum memberikan bantuan tersebut, Agus melanjutkan, tim FKWTMR meninjau rumah sasaran untuk memastikan benar-benar tepat sasaran. ”Kami minta pihak desa dan RT setempat untuk mengoordinasi lebih dahulu sebelum melakukan peninjauan,” jelas dia sambil menambahkan bahwa bedah rumah selanjutnya akan dilakukan 26 Maret di Ngantang.

Lebih lanjut, Agus berharap, kegiatan seperti ini bisa memancing kepedulian komunitas lainnya di Malang Raya. Jadi, semakin banyak yang membantu warga kurang mampu. Terutama masyarakat yang hidup di dalam rumah tak layak huni. ”Rumah yang mendapat bantuan benar-benar membuat miris.

Dindingnya dari bambu, atapnya kalau hujan bocor,” terangnya. ”Kami sangat berterima kasih kepada Pemkab Malang yang memberikan tempat kepada FKWTMR untuk berpartisipasi. Turut bahagia melihat mereka senang rumahnya diperbaiki,” tukas Agus.

Copy Editor         : Dwi Lindawati
Penyunting         : Nenny Fitrin