Fornas Yakin Jokowi-Ma'ruf Punya Visi Keberagaman Bangun Bangsa

JawaPos.com – Toleransi dan keberagaman menjadi unsur vital dalam membangun kebangsaan. Termasuk memperkuat NKRI dan kebangsaan.
Sederhananya, toleransi serta keberagaman harus dijadikan pandangan dan sikap gaya hidup.

Pernyataan tersebut disampaikan Sekjen Forum Nasional (Fornas) Bhineka Tunggal Ika, Taufan Hunneman saat pertemuan dengan para inisiator serta jajaran Fornas Tomohon dan Minahasa, Sulawesi Utara.

Taufan mengatakan, bila dikaitkan dengan konstelasi Pilpres 2019, toleransi dan keberagaman menjadi titik penting perjalanan bangsa ini. Pasalnya, proses regenerasi kepemimpinan nasional haruslah bertumpu pada dua aspek tadi.

“Ketika toleransi maupun kerbagaman dijunjung tinggi, maka akan tercipta satu situasi politik yang kondusif,” ujar dia kepada JawaPos.com, Jumat (28/12).

Dalam kesempatan itu, Taufan juga mengutarakan keyakinannya bahwa pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin bisa mewujudkan itu semua. Kolaborasi nasionalis-religius menjadikan visi pembangunan bangsa ke depan lebih terarah.

“Keduanya sama-sama paham mengenai kebhinekaan bangsa kita. Mereka kami yakin mampu menyusun agenda program kerja nasional berbasis kebhinekaan,” jelas dia.

“Itu bisa dibuktikan selama empat tahun Pak Jokowi memimpin. Pak Jokowi berhasil menciptakan relasi keberagaman yang kuat,” lanjutnya.

Taufan meminta Fornas ambil bagian dalam memenangkan pasangan nomor urut 01 tersebut. “Fornas punya peran penting selama 5 tahun ke depan untuk mengawal proses kebangsaan agar tetap terciptanya keragaman bagi Indonesia,” pungkasnya.

(mam/JPC)