Formasi CPNS Dibuka, Wali Kota Malang Minta Pelamar Lupakan Jalur Calo

Ini Beberapa Pemda yang Belum Usulkan Formasi CPNS dan PPPK - JPNN.COM

KOTA MALANG – Penerimaan CPNS 2019 di kota Malang dibuka. Terdapat 335 formasi yang bakal diperebutkan secara ketat oleh ribuan pelamar.

Untuk itu, walikota Malang, Sutiaji menghimbau agar para pelamar tidak mengambil jalan pintas, seperti percaya pada calo yang bakal memuluskan jalan pelamar untuk jadi PNS.

Sebab, saat ini sistem tes CPNS sudah menggunakan CAT. “Dimana nantinya tes itu ujiannya dengan sistem komputer. Jadi semua berdasarkan kompetensi masing-masing. Jadi, nanti pas ujian, satu hari tes hasilnya langsung ada,” ujarnya saat berkunjung ke SDN Sumbersari 1, Senin (11/11).

Selain itu, kata dia, yang menentukan hasil tidak terimanya para pelamar bukanlah dari daerah tapi dari pusat melalui Kemenpan-RB (Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi).

“Jadi jangan percaya kalau nanti calonya bilang, orang dekat pak Wali atau orang yang dekat dengan kepala dinas. Itu semua bohong,” ujarnya.

Untuk itu, ia berharap agar para pelamar percaya pada kemampuan diri masing-masing.

“Percaya saja sama diri sendiri dan belajar. Kalau memang layak akan diterima. Karena kami ini ingin memilih putra-putri terbaik dan jujur tentunya,” tuturnya

Sebagai informasi, melalui website resmi pemkot Malang, 335 kuota CPNS itu terdiri dari 148 tenaga guru, 101 tenaga kesehatan, dan 86 tenaga teknis.

Pewarta: Bob Bimantara Leander
Foto: dok JPNN
Penyunting: Fia