Fix, 3 Kandidat Berebut Sekda Kota Batu

KOTA BATU – Siapa kandidat sekretaris daerah Kota Batu terjawab sudah. Setelah melalui seleksi panjang dari lima calon, kemarin (17/7) akhirnya tersaring tiga kandidat.

Ketiganya adalah Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Batu Drs Eko Suhartono MM, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Muhammad Chori Ssos Msi, dan Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Drs Zadim Efisiensi Msi. Dua nama lain, yakni Kepala Dinas Pertanian Sugeng Pramono dan Kepala Dinas Penanggulangan Kebakaran Abdillah Alkaf gagal. Tadi malam, berkas hasil seleksi tiga kandidat langsung diserahkan ke Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) di Jakarta.

Ketua Panpel Tauchid Djatmiko SH Msi mengungkapkan bahwa surat dan berkas terkait hasil seleksi dari panpel telah dibawa ke KASN.

”Berkas hasil ini telah diajukan ke KASN untuk selanjutnya diuji kembali melalui seleksi terbuka di sana. Sebelum akhirnya meminta rekomendasi dari gubernur Jatim,” ungkapnya.

Proses seleksi pansel sendiri, lanjut Tauchid, telah sesuai dengan peraturan UU nomor 5 tahun 2014 dan PP nomor 11 tahun 2017.



Sebelumnya, laporan dari Panpel Seleksi Calon Sekda ini telah dilaporkan ke Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko yang kemudian diteruskan ke KASN guna meminta rekomendasi terkait calon mana yang layak untuk dipilih.

“Nanti hasil dari KASN ini juga diberikan ke Gubernur untuk meminta pertimbangan dan sekaligus memilih calon Sekda Kota Batu yang baru,” tutur Tauchid.

Berdasarkan pengalaman, untuk menunggu hingga dipilihnya satu orang mulai dari rekomendasi KASN hingga ke gubernur tidak memakan waktu lama.

“Selama tidak ada pengkajian dan konsultasi tambahan, prosesnya tidak akan lama. Jika malam ini selesai, besok sudah diserahkan ke Gubernur,” tandasnya.

Sementara itu, Penjabat (Pj) Sekda Kota Batu Eddy Murtono secara langsung mengirimkan berkas hasil seleksi calon Sekda tersebut. “Ini saya sedang di KASN Jakarta untuk mengantarkan langsung hasil dari pansel tadi,” ujarnya saat dihubungi via handphone.

Eddy memperkirakan jika seleksi terbuka yang dilakukan KASN tidak ada hambatan, hari ini (18/7) sudah bisa diberikan ke Gubernur untuk meminta pertimbangan dan memilih satu dari ketiga orang terpilih tersebut.

”Insyaallah besok (hari ini) sudah bisa dibawa ke Gubernur,” tandasnya.

Menurut Eddy, proses dari pansel sudah berlangsung dengan transparan. Prosesur juga sudah dijalankan dengan benar. Mulai pemberkasan hingga seleksi lain. Karena khusus Sekda haru melalui persetujuan gubernur.

”Tapi nanti tergantung Gubernur. Dan saya kira nanti dari wali kota juga memberikan rekomendasi lagi sebagai pertimbangan tambahan bagi gubernur. Karena juga punya hak sebagai pertimbangan,” tandasnya.

Pewarta: Aris Dwi & Octo Pratama
Penyunting: Abdul Muntholib
Foto: Rubianto