Fitur Baru Mobil Toyota di 2020 Bisa Matikan Mesin dan Parkir Otomatis

JawaPos.com – Toyota baru-baru ini mengumumkan sejumlah fitur baru yang akan hadir untuk line up kendaraan teranyarnya tahun depan. Fitur terbaru dimaksud adalah Auto Shut Off dan Automatic Parking yang akan semakin memudahkan pemilik kendaraan dalam menggunaka sehari-hari.

Dikutip JawaPos.com dari laman resminya pada Senin (17/6), fitur anyar tersebut sayangnya baru akan dirasakan oleh konsumen di pasar Amerika Serikat (AS) saja. Fitur Auto Shut Off dan Automatic Parking dikatakan bakal menjadi fitur wajib yang akan hadir di mobil Toyota pada 2020 untuk menambah sistem keamanan kendaraan.

Seperti namanya, fitur Auto Shut Off akan secara otomatis mematikan mesin kendaraan ketika sedang idling atau langsam dalam kondisi diam. Fitur Auto Shut Off akan mematikan mesin secara otomatis setelah periode waktu yang telah ditentukan sebelumnya saat kendaraan sedang berjalan.

Fitur Auto Shut Off sejatinya bukan fitur baru. Di kendaraan bermotor roda dua, Honda telah merilis fitur serupa dengan nama Idling Stop System. Fitur ditujukan untuk menekan polusi saat kendaraan tidak sedang berjalan misalnya saat berhenti di lampu merah. Jika dalam keadaan diam, kendaraan akan mati secara otomatis dan akan menyala kembali jika pengendara berakselerasi dengan pedal gas.



Sementara untuk fitur Auto Shut Off dari Toyota, fungsinya kurang lebih mirip. Fitur akan mematikan mesin secara otomatis dan ini agak membantu bagi penggunanya yang kerap lalai. Di negara maju seperti AS, rumah-rumah disana kebanyakan dipasang garasi otomatis. Nah ketika mobil sudah dalam garasi, pengendara yang terburu-buru acap lupa mematikan mesin kendaraan dalam waktu lama.

Selain berdampak bagi aspek lingkungan, fitur juga bermanfaat bagi aspek keselamatan. Pasalnya mesin yang masih menyala tanpa disadari oleh pemiliknya, bisa berpotensi bahaya. Apalagi pemilik meninggalkan mobil dalam kondisi menyala saat diparkir di garasi rumah.

Penyempurnaan di masa depan akan mencakup kemampuan Aplikasi smartphone sebagai pengingat tambahan. Saat ini, kendaraan Toyota mengeluarkan peringatan dua langkah untuk memberi tahu pengemudi bahwa mesinnya menyala dan meminta mesin dimatikan.

Sementara untuk fitur Automatic Parking, fitur memungkinkan kendaraan untuk parkir di tempat parkir secara otomatis.

Fitur Automatic Parking sendiri mengandalkan sistem pengereman parkir. Sistem akan secara otomatis mengaktifkan mode parkir atau mengaktifkan electronic parking brake, jika pengemudi secara tiba-tiba keluar dari kendaraan tanpa memindahkan transmisi. Fitur tersebut mampu mengurangi risiko roll-away kendaraan.

Editor : Mohamad Nur Asikin

Reporter : Rian Alfianto