Fisik Oke, Siap Tempur di Liga 1

Arema FC mempunyai modal berharga menghadapi laga perdana Liga 1 melawan Mitra Kukar Sabtu (24/3). Selain teknik permainan yang dinilai meningkat, kondisi fisik Arema FC juga dinilai berada dalam posisi puncak. Selama masa persiapan liga, saat inilah kondisi fisik terbaik para pemain Arema FC.

MALANG – Arema FC mempunyai modal berharga menghadapi laga perdana Liga 1 melawan Mitra Kukar Sabtu (24/3). Selain teknik permainan yang dinilai meningkat, kondisi fisik Arema FC juga dinilai berada dalam posisi puncak. Selama masa persiapan liga, saat inilah kondisi fisik terbaik para pemain Arema FC.

Pelatih fisik Arema FC Dusan Momcilovic menyatakan, kondisi fisik pemain Arema FC saat ini sangat luar biasa. ”Bukan hanya tak ada masalah, bahkan kondisi mereka sangat bagus,” ucap pelatih asal Serbia tersebut.

Jika dilihat pada laga-laga sebelumnya, para penggawa Singo Edan memang tampak bermain bagus. Masalah fisik yang kedodoran musim lalu, tidak terlihat dari uji coba Arema FC selama ini. Sederhananya, fisik pemain Arema FC sudah siap untuk dimainkan 90 menit penuh.
Pelatih berusia 53 tahun itu menambahkan, saat ini tidak ada para pemainnya yang mengalami cedera otot maupun keram karena terlalu memaksakan diri untuk bermain. ”Tidak ada pemain kami yang saat ini cedera otot sebagai dampak dari kelelahan dalam pertandingan. Kalaupun ada yang cedera, tapi ini karena benturan maupun kesalahan posisi saat terjatuh,” imbuhnya.

Sebelumnya, sejak awal Desember 2017, Arema FC secara khusus menggelar sejumlah sesi latihan fisik bagi para pemainnya. Bahkan, pada musim ini pula mereka secara khusus mendatangkan sosok pelatih fisik.

Sementara itu, kendati puas dengan kondisi para pemainnya, Dule menyebut Dendi Santoso dkk tak bisa bersantai ria. Lantaran, saat ini, mereka harus bisa menjaga kondisi sendiri jelang laga perdana yang tinggal dalam hitungan hari. ”Jangan sampai mereka justru mengalami cedera atau hal-hal lain yang membuat kondisi mereka tak siap bermain,” terangnya.

Dia menjelaskan bahwa para pemain memang memiliki siklus kondisi fisik yang naik turun sepanjang tahun. ”Pasti setiap atlet atau pemain sepak bola memiliki siklus tersebut,” terangnya. Karena itu, dia sengaja membuat program menu latihan fisik agar fisik pemain Arema berada pada kondisi puncaknya ketika kompetisi dimulai. ”Saya tidak menjelaskan menu latihan fisiknya, itu rahasia setiap pelatih fisik. Hanya, saya sudah menyiapkan agar pemain bisa berada pada kondisi terbaik,” ujarnya.

Untuk mengantisipasi turunnya fisik pemain ketika kompetisi tengah berjalan karena siklus yang menurun, dia menjelaskan bahwa hal itu telah dikalkulasinya. ”Saya ada program tahunan, bulanan, mingguan, hingga per hari saya juga memiliki resepnya,” terangnya. Dia menjelaskan bahwa program latihan fisiknya tersebut bisa dinamis bergantung kebutuhan. Termasuk untuk mengantisipasi tambahan jadwal bertanding karena adanya Piala Indonesia akhir April 2018.

Pewarta : Gigih Mazda
Penyunting : Irham Thoriq
Copy Editor : Dwi Lindawati
Foto : Bayu Eka