Festival Kampung Tani, Event Wisata Keren di Kota Apel

KOTA BATU – Festival Kampung Tani kembali diselenggarakan untuk yang ke-lima kalinya. Salah satu kegiatan pembuka, yakni diskusi Rembug Budaya terkait kemajuan budaya dengan gotong royong. Sabtu (8/9)

Berlangsung di Kampung Wisata Tani, Temas, Kota Batu. Kegiatan ini dihadiri para seniman dari kota di Jawa Timur. Seperti Jember, Kediri dan Tulungagung.

Selain itu, hadir Dr. Restu Gunawan, M. Hum, Direktur Kesenian dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jatim, Sinarto.

Kemudian juga ada Ketua DPRD Kota Batu, Cahyo Edi Purnomo dan Ketua Dewan Kesenian Kota Batu, Fuad Dwiyono.

Terkait kegaitan, Restu cukup mengapresiasi. Hal tersebut merupakan wadah yang pas untuk mengolaborasikan agribisnis dengan kebudayaan.

“Bagus, kawan-kawan komunitas tinggal memoles pertunjukannya. Juga melibatkan warga sekitar termasuk pemerintah,” ujarnya.

Mengingat, dengan melibatkan berbagai elemen dalam sebuah event tersebut mampu memperkuat karakter desa wisata dan karakter kesenian budaya. Sehingga, Festival Kampunh Tani Temas ke depan dapat meningkatkan ekonomi masyarakat

Sementara Sinarto, mengajak untuk terus menggali event tersebut.

“Selama berjalan lima tahun ini apakah sudah ketemu karakternya, apa potensinya sudah ditampilkan, perkuat profil Kampung Tani,” katanya

Diketahui, kampung tani temas merupakan salah satu kampung wisata di Kota Batu. Bersinergi dengan Dinas pariwisata Kota Batu, kali ini mengangkat tema pertanian. Beragam pertunjukkan budaya dan kesenian ditampilkan. Ada beberapa tanggal yang perlu dicatat. Di antaranya, tanggal 8-9, 15-16, dan 22-23 September.

Pewarta: Feni Yusnia
Penyunting: Kholid Amrullah
Fotografer: Feni Yusnia