Fakultas Teknik UB Masuk Pemeringkatan Lembaga Tingkat Dunia

KOTA MALANG – Fakultas Teknik, Universitas Brawijaya (UB), mendapat pengakuan dari salah satu lembaga pemeringkatan perguruan tinggi di dunia yakni Time Higher Education (THE). Melalui situs resminya, THE memasukkan UB di peringkat 1.000+ dari ribuan universitas yang ada di dunia.

Dalam tabel pemeringkatan THE berdasarkan subjek khusus pembelajaran teknik dan teknologi, UB menempati peringkat 800+ di dunia.

Selain UB ada lima universitas lain yang juga masuk dalam pemeringkatan THE, yaitu Universitas Indonesia (UI), Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, Institut Pertanian Bogor (IPB) dan Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya.

Prestasi itu diraih berkat sumbangsih Fakultas Teknik UB dalam hal publikasi.

Fakultas Teknik UB dinilai memiliki keunggulan dalam sejumlah bidang teknik. Yakni teknik listrik, teknik elektronik, teknik mekanik dan aerospace, teknik sipil, serta teknik kimia.

Wakil Dekan Bidang Akademik FT UB, Ishardita Pambudi Tama senang dengan pengakuan dari THE ini.

“Alhamdulillah, tentunya senang sekali, karena upaya kita selama ini mendapatkan penghargaan dan membuktikan bahwa apa yang sudah kita canangkan selama ini sudah berada di jalur yang benar,” ujarnya.

Ke depan, Fakultas Teknik UB ingin meningkatkan lagi kualitasnya. Salah satunya dengan memperbanyak kerjasama internasional.

“Karena situs-situs seperti THE itu merupakan salah satu cara penilaian indikator international recognition,” ungkap dia

Ia menambahkan untuk tahun ini akan ada banyak universitas dari luar negeri belajar ke Fakultas Teknik UB. Ishardita menyebut ada mahasiswa dari Malaysia yang akan mengambil SKS di Teknik Mesin, Elektro, dan Industri. Juga ada mahasiswa dari Miyazaki, Jepang yang tiap tahun akan mengikuti program double degree di Teknik Elektro.

“Definisi unggul kalau menurut saya adalah kalau kita dicari orang. Semakin banyak yang berminat kerjasama dengan Fakuktas Teknik, itu menunjukkan keunggulan kita, Inshaallah akan kita mantapkan ini ke depan,” tutupnya.

Pewarta: Rida Ayu
Foto: Rida Ayu

Editor : Indra M