Fakultas Sains dan Teknologi Unikama Ajak Siswa SMK PGRI Turen Kenalan Dunia Kampus

KOTA MALANG – Raut muka bahagia puluhan siswa SMK PGRI Turen, Kabupaten Malang tak terbendung saat mereka hadir di Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama), Rabu, (8/1) siang tadi.

Dalam kunjungan yang juga dilaksanakan MoU antara Unikama dan SMK PGRI Turen tadi, puluhan siswa tersebut diajak untuk mengenal dunia kampus dengan lebih dekat lewat studi banding.

Berbagai games hingga sedikit ilmu terkait jurusan Teknik Informatika dipaparkan dosen yang berkompeten dari Unikama. Acara pun diakhiri dengan penampilan hiburan dangdut yang dinyanyikan oleh siswa.

Kaprodi Teknik Informatika, Moh Ahsan MKom MT menyebut acara in dibuat guna mengembangkan SDM yang masih duduk di bangku SMK sedari dini.

“Kita pupuk ilmu mereka, jadi harapannya kalau lulus sekolah mau kemana enak. Bisa fokus ke robotik, bikin website, mobile, nanti mereka akan dilatih di sini, tergantung minat mereka,” paparnya usai acara yang dihelat di Ruang Abdoel Radjab, Rabu, (8/1).

Dalam acara tadi turut diakhir dengan penandatanganan MoU (Memoradum of Understanding) antara keduanya.

“Setelah MoU, kita adakan Memorandum of Agreement (MoA). Nah, nanti diantaranya kerjasama terkait workshop, jadi dari dosen sini bisa ngisi workshop di sana, begitu sebaliknya,” kata Kaprodi Teknik Informatika
Moh Ahsan MKom MT.

SMK PGRI Turen yang memang sedang butuh tenaga pendidik di bidang jaringan dan dibidik dengan baik oleh Unikama. Unikama pun siap mengirim dosen mereka untuk mengajar di SMK PGRI Turen.

Mahasiswa nanti juga bisa datang ke sekolah lewat program Go To School. “Ada juga penelitian dan pengabdian dari dosen yang bisa dimanfaatkan dari kerjasama dua pihak ini, intinya saling menguntungkan,” tukas Ahsan.

Dekan FST (Fakultas Sains dan Teknologi)
Dr I Ketut Swastika MSi menyebut upaya ini sebagai target siswa agar berminat mendaftar ke Unikama.

“Jadi dari Unikama juga sebagai bentuk penelitian, dan pengabdian, pengamalan Tri Dharma Perguruan Tinggi,” tutup Ketut.

Pewarta: Elfran Vido
Foto: Elfran Vido
Penyunting: Fia

?