Fakultas Peternakan Unikama Gembleng Mahasiswa Jadi Wirausahawan

KOTA MALANG – Prospek kerja lulusan Peternakan bisa dibilang beragam. Tak ingin mahasiswa hanya bermimpi jadi Pegawai Negeri Sipil (PNS), Fakultas Peternakan (Fapet) Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama) ingin menumbuhkan jiwa wirausaha yang ada dalam diri mahasiswa lewat kuliah tamu bertajuk Prospek Peternakan dan Strategi Menjadi Pengusaha Muda Sukses.

“Prospek peternakan itu tidak hanya monoton untuk PNS. Ayam petelur, unggas, hingga lebah madu itu salah satu contoh usaha yang bisa dikembangkan mahasiswa dengan modal seminimal mungkin,” tukas Dekan Fapet, Dr. Ir. Enike Dwi Kusumawati, S.Pt., M.P., IPM, Rabu, (13/11).

Memang, di masa kini menjadi peternak dipandang bukan pekerjaan yang bonafit oleh millenial. Tapi, Fapet Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama) berusaha merubah mindset itu.

“Karena dengan berwirausaha kita bisa menciptakan peluang kerja dan juga pendapatan peternak juga tidak kalah keren dibanding pekerja kantoran,” tambahnya

Dua pemateri yakni Dewi Masyitoh S.Pt, MP, komisaris sebuah perusahaan lebah madu dan M Syahroni S.Pt, MP, pengusaha ayam petelur dihadirkan Fapet Unikama sebagai contoh nyata kepada mahasiswa. M Syahroni adalah alumni Fakultas Peternakan Unikama yang sukses menjadi pengusaha ayam petelur dan broiler.

“Dengan mengundang alumni yang sukses, tentunya itu memperkuat dan semakin memacu tekad mahasiswa Unikama mengikuti jejak sukses alumni. Kami harapkan setelah lulus, mereka bisa menjadi lulusan yang mandiri, sukses dan bisa menciptakan peluang-peluang lapangan kerja,” tutup Enike.

Sementara itu, Kaprodi Peternakan, Dr. Ir Aju Tjatur Nugroho menyampaikan hal senada. Dia berharap dengan kuliah tamu ini dapat menumbuhkan jiwa kewirausahaan para diri mahasiswa maupun alumni. Juga, diharap alumni mampu menularkan ilmunya kepada adik tingkatnya.

“Kita terus gandeng erat alumni agar yang sudah bekerja bisa menginfokan lowongan, juga yang belum bekerja bisa memperoleh informasi baik lewat grup WhatsApp, termasuk sharing-sharing ilmu bagi yang sudah memulai wirausaha lebih dulu,” tutup Aju.

Kegiatan yang diadakan di Auditorium Multikultural Unikama ini diikuti mahasiswa Fapet sekaligus seluruh alumni Fapet dari semua angkatan.

Pewarta: Elfran Vido
Foto: Unikama
Penyunting: Fia