Es Ketan Hitam Khas Malang, Pilihan yang Murah untuk Melepas Dahaga Puasa

Sederhana tapi menggoda

KOTA MALANG Di bulan Ramadan ini, banyak sekali pilihan untuk melepas dahaga dan lapar setelah sehari penuh melaksanakan ibadah puasa.

Es legendari ini banyak disukai warga Malang

Salah satu minuman yang bisa memuaskan dahaga sekaligus menjadi surga sementara di mulut ialah es ketan hitam.

Radarmalang.id memiliki beberapa tempat di kota Malang yang bisa dijadikan referensi untuk membeli minuman yang populer di kalangan warga Malang.

1. Es ketan hitam 68

Dengan bermodal gerobak, lapak es ketan hitam ini menjadi legenda. Sang pemilik Suntono mengatakan esnya ini terdiri dari sirup merah, ketan hitam, dawet merah muda dan es batu yang telah di serut dan dicampur santan. Yang bikin ketagihan ialah tambahan roti yang menjadi primadona bagi para pembeli cilik.

Seperti pantauan, radarmalang.id, beberapa pembeli cilik kerap kali merengek ke orang tuanya untuk membeli rotinya juga.

Untuk menikmati es ketan hitam yang terletak di Jalan Sempu ini anda cukup mengeluarkan uang Rp 4.000.

2. Es ketan hitam Grafika

Es ketan hitam ini, seperti namanya, terletak di dekat SMK Grafika atau SMKN 4 Malang. Racikan esnya tak jauh beda dengan es ketan hitam 68. Pastinya juga, tak jauh dari kata seger.

Banyak pelanggan di sini yang menyebutnya es pink. Bukan tanpa alasan, ketika sirup merah dicampur dengan serutan es batu itu warnanya akan berubah menjadi merah muda.

3. Es ketan hitam SPBU Kasin

Yang terakhir ialah es ketan hitam denpan SPBU Kasin. Lapak es ketan hitam ini terbilang masih muda dibandingkan dua warung es ketan hitam lainnya.

Namun, tak perlu risau, soal rasa lezat semua. Jadi, anda bisa memilih pilihan yang anda mau untuk membatalkan puasa ketika azan Magrib berkumandang.

Pewarta: Bob Bimantara Leander
Foto: Bob Bimantara Leander