Erling Haaland Hat-trick Termuda Ketiga, Ingin Lampaui sang Ayah

Erling Haaland Hat-trick Termuda Ketiga, Ingin Lampaui sang Ayah

JawaPos.com – Musim ini ini adalah kali pertama duo klub milik Red Bull, Salzburg dan Leipzig, berkiprah di fase grup Liga Champions. Dua tim tersebut sama-sama mengawalinya dengan kemenangan kemarin.

Jika kemenangan 2-1 Leipzig di kandang Benfica merupakan andil striker timnas Jerman Timo Werner, torehan lebih masif dihasilkan striker Salzburg Erling Haaland. Tiga gol (hat-trick) dihasilkan Haaland dalam kemenangan 6-2 atas Genk di Red Bull Arena.

Bukan hanya itu, Haaland yang menjalani debut di Liga Champions menorehkan rekor sebagai pemain termuda ketiga yang mencetak hat-trick. Usianya kemarin 19 tahun 58 hari. Hanya kalah oleh Wayne Rooney (Manchester United) yang berusia 18 tahun 340 hari pada 2004 dan Raul Gonzalez (Real Madrid) dengan umur 18 tahun 113 hari pada 1995.

”Dia (Haaland) sungguh fenomenal. Berpostur tinggi (194 sentimeter, Red), tetapi gesit dan punya kontrol bola bagus. Sangat sulit melawannya saat latihan,” puji bek tengah Salzburg Maximilian Woeber sebagaimana dilansir The Guardian.



Ketajaman Haaland memang luar biasa musim ini. Hat-trick kontra Genk adalah trigol keempatnya musim ini. Total 17 gol (dari 9 laga) ditorehkan striker yang pernah direkrut pelatih Manchester United, Ole Gunnar Solskjar, semasa menangani Molde pada 2017 itu.

Jika nama belakangnya dicermati, Haaland mengingatkan pada sosok mantan bek Manchester City dan Leeds United, Alf-Inge Haaland. Ya, keduanya mempunyai hubungan anak dan bapak. ”Setiap pemain pasti ingin menjadi yang terbaik di dunia. Tapi, yang ingin saya capai pertama adalah melebihi ayah saya yang punya 181 pertandingan di Premier League,’’ ucap Haaland di laman resmi UEFA.

Haaland sejatinya lahir di Inggris (Leeds) pada 21 Juli 2000 atau ketika sang ayah dalam proses pindah dari Leeds ke City. Meski begitu, dia memilih kewarganegaraan Norwegia dan baru mencatat dua caps dalam dua laga di kualifikasi Euro 2020 pada 6 dan 9 September lalu.