ER Pilih Suparto Gantikan Widodo, Emban Tugas Plt Sekda

KOTA BATU – Kursi sekretaris daerah (sekda) Kota Batu bakal berganti pemilik dalam waktu dekat ini. Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3APPKB) Achmad Suparto disebut-sebut bakal menjadi pemilik baru kursi yang selama tujuh tahun diduduki Widodo itu.

Seperti diketahui, Widodo sudah memasuki masa pensiun per 26 Juni lalu. Karena itu, Wali Kota Batu Eddy Rumpoko mesti bergerak cepat supaya roda pemerintahan tidak sampai terganggu.

Berdasarkan informasi yang dihimpun wartawan koran ini, ER -panggilan akrab Eddy Rumpoko- sudah menyiapkan satu nama. Yakni, Kepala DP3APPKB Achmad Suparto. Bahkan, ER disebut-sebut sudah menandatangani surat keputusan.

Akan tetapi, surat keputusan itu tidak untuk mengangkat Suparto sebagai sekda definitif, melainkan diangkat untuk menjadi pelaksana tugas (plt).


Kabar penunjukan Suparto ini dibenarkan oleh yang bersangkutan. Suprapto pun sudah mengetahui perihal surat keputusan yang dibuat oleh ER. ”Sejak akhir bulan Juni lalu,” ujar Parto, sapaan akrabnya, kemarin (2/7).

Hanya saja, keputusan itu memang belum diumumkan secara resmi oleh ER. Saat ini, Parto memilih untuk menunggu instruksi dari orang nomor satu di pemerintah Kota Batu itu.

Bila resmi ditunjuk sebagai plt sekda, Parto harus siap melakoni tugas ganda. Sebab, dia tetap mengemban tugas sebagai kepala DP3APPKB. ”Plt sekda juga harus memiliki jabatan definitif,” ujar mantan kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) Kota Batu ini.

Sekda definitif bisa jadi akan diisi lewat proses lelang. Proses itu akan diikuti pejabat-pejabat yang memenuhi persyaratan untuk menduduki posisi sekda. Syarat-syarat itu antara lain, pangkat pembina utama muda, hingga pernah menduduk jabatan eselon II.

Melihat kualifikasinya, Parto juga layak untuk menjadi sekda definitif. Bahkan, Parto menyebut kansnya untuk ikut lelang cukup terbuka. ”Jika memang disuruh ikut, ya, saya daftar,” ucap dia.

Lantas, jika nanti mulai bertugas sebagai plt sekda, apa yang menjadi prioritas Parto? Dia pun menyebut beberapa poin program kerjanya. Di antaranya, memaksimalkan potensi aparatur sipil negara (ASN) atau pegawai negeri sipil (PNS), mulai perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan tugas, hingga evaluasi.

”Tapi, yang terdekat ini menyiapkan perubahan anggaran keuangan (PAK),” imbuh Suparto.

Pewarta; Bahrul Marzuki
Penyunting: Indra Mufarendra
Copy Editor: Arief Rohman
Foto: Rubianto