ER Beri Restu Plt Sekda, Siapa?

Penunjukan nama pejabat untuk posisi Plt sekretaris daerah (sekda) oleh wali kota nonaktif Eddy Rumpoko (ER) masih belum cukup. Plt Wali Kota Batu Punjul Santoso yang sebelumnya mengajukan nama ke ER hingga sekarang tak kunjung melantik nama yang disebut-sebut sudah direkomendasikan ER. Nama yang sudah ditunjuk itu masih akan diajukan lagi ke Gubernur Jawa Timur (Jatim) Soekarwo untuk mendapatkan persetujuan.

KOTA BATU – Penunjukan nama pejabat untuk posisi Plt sekretaris daerah (sekda) oleh wali kota nonaktif Eddy Rumpoko (ER) masih belum cukup. Plt Wali Kota Batu Punjul Santoso yang sebelumnya mengajukan nama ke ER hingga sekarang tak kunjung melantik nama yang disebut-sebut sudah direkomendasikan ER. Nama yang sudah ditunjuk itu masih akan diajukan lagi ke Gubernur Jawa Timur (Jatim) Soekarwo untuk mendapatkan persetujuan.

”Satu nama sudah ada di kantong. Tidak bisa saya sebut lah. Kan belum disetujui gubernur,” kata Punjul usai melakukan pembukaan expo Investasi, Pariwisata, dan Perdagangan (Inparda) di Lippo Plaza Batu kemarin (19/10).

Punjul rupanya enggan menyebutkan nama yang sudah terpilih tersebut. Dia beralasan, saat ini masih belum dibuatkan surat dan diajukan ke gubernur untuk disetujui. ”Baru, kalau nanti sudah disetujui gubernur, akan saya kasih tahu,” tambah politisi PDIP tersebut.

Meski enggan menyebutkan siapa nama yang sudah direstui ER, Punjul menyebutkan ciri-ciri yang ditunjuk sebagai Plt sekda itu. ”Pokoknya yang terpilih ini laki-laki, dan dia berkacamata,” kata Punjul sambil tertawa. Sebelumnya, dia memaparkan 5 kepala OPD yang sudah senior dan bukan plt berpeluang menjadi Plt Sekda.

Karena belum adanya Plt sekda, hasil perubahan anggaran keuangan (PAK) 2017 hingga sekarang masih terbengkalai. Program-program anggaran saat perubahan itu belum bisa digarap. Begitu juga soal pencairan dana yang belum bisa dilakukan.

Dalam perjalannya, muncul sejumlah nama yang diprediksi sebagai kandidat Plt sekda. Di antaranya, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Maulidiono, Kepala Dinas Pertanian Sugeng Pramono, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Eko Suhartono, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Tenaga Kerja Eny Rachyuningsih, serta Kepala Dinas Perhubungan Susetyo Herawan. ”Tunggu saja nanti. Sore ini (kemarin, Red) akan kami buat surat untuk gubernur,” kata dia.

Punjul menyatakan, yang penting saat ini sudah mengerucut ke satu nama. ”Itu yang penting, biar segera ada Plt sekda dan menjalankan tugas,” kata dia. (adk/c1/yak)

Pewarta : Aris Dwi
Penyunting : Ahmad Yahya
Copy Editor : Arief Rohman