Endank Soekamti Panaskan Engine Tune Up Sinergi Jawa Pos

Engine tune up mendatangkan dua guest star, Braves Boy dan Endank Soekamti. Acara yang digelar Sabtu (4/11) itu bukan sekadar konser. Engine tune up adalah rangkaian acara dari kontes mobil dan motor komunitas di seluruh Indonesia.
Tercatat 80 kategori award untuk mobil dan 30 kategori untuk motor. Ratusan komunitas ikut kontes ini. Nyatanya semua berawal dari kegiatan sosial.

Para pionernya mulai bergerak pada 1990-an. Semua bermula dari ide bikin kegiatan sosial.

‘’Awalnya dimulai dengan sebuah gerakan sosial. Para mahasiswa Teknik Mesin era itu bikin rutinitas servis gratis,” jelas koordinator divisi acara Eunike Regita.

Servis gratis diberi sentuhan pentas seni. Setidaknya orang-orang jadi tertarik datang. Konsep itu kemudian terus dijalankan hingga kini.

‘’Kami harus berani bertumbuh, tahun lalu cuma ngadain di Sadhar Paingan. Sekarang di Lapangan Realino,” katanya.
Lapangan Realino tidak hanya jadi stage konser. Tapi juga menjadi tempat kopi darat komunitas mobil. Mereka berasal dari Magelang, Cilacap, Kebumen, Wonosobo, Bekasi, dan Bandung.

Malam harinya Braves Boy dan Endank Soekamti menghibur penonton yang hadir di lapangan itu. Teristimewa Endank Soekamti, membawakan 10 lagu berdurasi satu jam perform.

‘’Beberapa lagu tidak akan dibawakan lagi karena tanggal 10 November nanti kami akan launching album baru Salam Indonesia. Untuk konser selanjutnya kami akan banyak membawakan lagu-lagu dari album baru itu,” ucap Erix Soekamti, leader dan bassist Endank Soekamti.

Jangan pernah berpikir mahasiswa itu biasa. ‘’Kalian bisa membuat banyak hal dan sesuatu luar biasa asal percaya diri,’’ kata Regita. (

(rj/ong/ong/JPR)