Empat Penyelam Penyelamat Tim Wild Boar Thailand Jadi Aktor Film

JawaPos.com – Tak ada yang pernah tahu seperti apa proses penyelamatan di gua Tham Luang Juni tahun lalu. Tapi, rasa penasaran itu sebentar lagi bakal terobati.

Sutradara berdarah Thailand-Irlandia Tom Waller segera menggarap film berjudul The Cave yang menceritakan proses penyelamatan 12 anggota tim sepak bola Moo Pa (Wild Boar) dan asisten pelatihnya tersebut.

”Sama dengan saat penyelamatan, saya ingin para pemain berasal dari orang lokal dan internasional yang berbicara dengan bahasa mereka sendiri,” ujar Waller seperti dikutip The Guardian.

Empat pemain dalam film tersebut adalah para penyelam yang memang ikut dalam proses penyelamatan. Yaitu, instruktur selam dari Kanada Erik Brown, penyelam Finlandia Mikko Paasi, penyelam Belgia Jim Warny, dan instruktur penyelaman gua asal Tiongkok Tan Xiaolong.



Brown dan Paasi terlibat dalam sesi penyelamatan terakhir untuk mengeluarkan tim sepak bola Moo Pa dari gua. Warny adalah penyelam yang bertugas mengeluarkan Ekapol Chantawong, si asisten pelatih.

Dalam film nanti, Ekapol diperankan bintang film Thailand Ekawat Niratvorapanya.

Waller mengklaim bahwa filmnya nanti bakal otentik. Sebab, diambil dari sudut pandang para pahlawan yang memang terlibat di proses evakuasi. Jauh hari sebelumnya dia mengaku sulit membuat film di Thailand karena para penjabat yang terlibat enggan berbicara dengannya.

”Anda bisa mendapat informasi yang akurat dari relawan asing karena mereka tidak dikontrol pemerintah Thailand,” tegasnya.

Waller memang hanya memakai empat penyelam tersebut sebagai bintang di filmnya. Tapi, dia menggali informasi dari banyak penyelam yang terlibat penyelamatan.

Kala itu ada 90-an penyelam andal yang menjadi relawan. Sekitar 50 orang di antaranya berasal dari luar Thailand. The Cave akan berkisah dari sudut pandang para penyelam itu yang selama ini tak pernah diungkap ke media.

The Cave hanya satu di antara beberapa film yang menceritakan penyelamatan luar biasa di Tham Luang. April lalu Netflix memastikan menggarap film serupa yang akan disutradarai Jon M. Chu dan Nattawut ”Baz” Poonpiriya.