Empat Atlet Kota Malang Bela Indonesia di SEA Games

MALANG KOTA – Kota Malang konsisten menjadi salah satu lumbung atlet jempolan di Indonesia. Dalam SEA Games di Kuala Lumpur, Malaysia, yang sedang berlangsung, ada empat atlet Kota Malang yang berlaga di event olahraga paling akbar di Asia Tenggara tersebut.

Mereka adalah atlet dari cabang olahraga (cabor) menembak, yakni Supriono; dua atlet sepeda, yakni Elga Kharisma dan Crismonita Dwi Putri; serta ada Atjong Tio yang bakal bersaing di cabor atletik. Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Malang berharap empat atlet tersebut bisa menyumbangkan medali untuk Indonesia.

Sekretaris Umum KONI Kota Malang Husni Ali menyatakan, empat atlet tersebut membuat Kota Malang bangga. Meskipun, dia tidak terlalu kaget, karena sebelumnya banyak atlet Kota Malang yang menjadi jujukan, baik oleh provinsi maupun nasional. ”Di PON lalu (saat menjadi kontingen Jawa Timur), kami turut sumbangkan 12 emas. Ini berarti olahraga kami bagus. Hasil itu, saya kira, sama seperti beberapa yang diraih provinsi,” katanya sambil tertawa.

Adanya atlet Kota Malang yang membawa panji-panji Indonesia di SEA Games, menurut Husni, diharapkan bisa menjadi motivasi bagi atlet lainnya. ”Ini akan ditiru atlet junior. Mereka (atlet junior) akan lebih semangat lagi dalam setiap pertandingan di jenjang apa pun,” ujarnya.

Menurut Husni, KONI tidak bisa berdiam diri jika melihat potensi yang ada di Kota Malang saat ini. ”Kami sudah lakukan pembinaan usia dini dan tidak terputus,” terang dia. Seperti saat ini, selain atlet yang berjuang untuk nama negara, ada juga atlet yang dipersiapkan untuk jenjang daerah. ”Saat ini adalah persiapan untuk Porprov (Pekan Olahraga Provinsi) 2019. Ini jenjangnya. Untuk menjadi atlet yang bisa bersaing di kancah internasional, tentu juga bisa melewati fase ini dulu,” tandas Husni.



Pewarta: Aris Dwi
Penyunting: Irham Thoriq
Copy Editor: Arief Rohman
Foto: Aris Syaiful