Emil Temui Ketum PAN

”Iya, Pak Emil bertemu dengan ketua umum, silaturahmi sekaligus bicara normatif yang ada hubungannya dengan kepancasilaan,” terangnya. Namun, dia tidak menampik bahwa ada pula pembicaraan soal pilgub Jatim dalam pertemuan tertutup tersebut. Kedatangan Emil kepada Ketum PAN itu berlangsung tepat sebelum bupati Trenggalek tersebut mengadakan kunjungan kerja ke Tiongkok dan Amerika Serikat selama 12 hari. ”Pertemuan itu akan dilanjutkan setelah Pak Emil pulang dari Tiongkok,” ujar Maimun.

Lebih lanjut, Maimun menyatakan bahwa pertemuan itu tidak hanya antara PAN dan Emil. Ada juga perwakilan dari Gerindra dan PKS. Maimun tidak bisa memastikan apakah bupati Trenggalek itu juga akan bertandang secara pribadi ke Gerindra dan PKS. ”Sepertinya, nanti tidak satu-satu, tapi langsung bertemu bersama dengan tiga partai,” lanjutnya.

Apakah pertemuan tersebut pertanda PAN bersama koalisi barunya akan mengusung Emil? ”Belum. Masalah lain saya kira nanti dijelaskan,” lanjutnya. Yang pasti, dia menegaskan bahwa DPP ketiga partai menunjukkan sinyal yang semakin kencang untuk membentuk koalisi baru. Dalam beberapa hari terakhir, pimpinan ketiga partai semakin mengintensifkan komunikasi.

Koalisi tersebut, imbuh dia, diumumkan dalam beberapa hari ke depan. ”Koalisi dulu, setelah itu baru launching tokoh,” jelasnya. Soal nama tokoh pun, mereka tidak akan mengulur waktu lagi dengan survei. Setelah mengumumkan koalisi, tiga partai akan langsung duduk bersama untuk membicarakan komposisi pasangan calon. Soal cagub, dia menyebutkan bahwa ketiga partai sudah memiliki kesamaan tanda.


(deb/c6/oni)