Emil Dardak: Pelantikan Bupati Definitif Malang Tinggal Menghitung Hari

KOTA MALANG – Hingga hari ini (12/9) belum ada kabar dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) soal pelantikan Bupati Malang Definitif. Namun Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Dardak memastikan sudah ada sinyal positif dari kemendagri.

Pucuk pimpinan di Pemkab Malang pun masih dipegang oleh Sanusi sebagai Plt Bupati. Setelah pasangannya Rendra Kresna terjerat kasus pidana. Namun karena notabenya pelaksana tugas, Sanusi tidak bisa mengambil keputusan kebijakan, sehingga menghambat pemerintahan Kabupaten Malang.

Sebagaimana diatur UU No 9 Tahun 2015 tentang Perubahan Kedua atas UU No 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah. Penunjukan bupati definitif menjadi kewenangan Kemendagri sementara untuk pelantikannya bisa dilakukan oleh gubernur

“Kami, bu gubernur sudah komunikasikan dengan kemendagri. Ada perkembangan positif dari Kemendagri mengenai keputusan final yang kita harapkan segera terbit,” katanya usai mengisi acara di Universitas Brawijaya.

Sebelumnya Gubernur Jawa Timur mengeluarkan surat yang ditujukan kepada Kemendagri tertanggal 2 Juli 2019. Surat yang ditandatangani Gubernur Khofifah Indar Parawansa itu berisi upaya tindak lanjut Kemendagri atas status perkara Bupati Malang nonaktif Rendra Kresna yang telah mendapatkan ketetapan hukum tetap oleh Pengadilan Tipikor Surabaya.



“Segera itu ya. Segera itu hitungannya ya hari, bisa 2, bisa 3 hari, pokoknya hari dan nggak bulan ya. Saya hanya sampikan sudah ada sinyal positif dari Kemendagri,” tutupnya.

Pewarta: Rida Ayu
Foto: Rida Ayu
Penyunting: Fia