Embung Didorong Dwifungsi

PAKIS – Target tinggi untuk menambah luasan sawah teknis mulai dijabarkan dengan sejumlah program. Salah satunya yakni memaksimalkan potensi embung. Dari sekian titik di Kabupaten Malang, embung di Desa Banjarejo, Kecamatan Pakis, ini menjadi satu yang cukup diperhatikan. Diresmikan Kementerian Pedesaan Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT), Februari lalu, lokasi itu di-plot mampu mengairi 45 hektare lahan sawah di dua desa.

Selain untuk Desa Banjarejo, juga di-plot untuk Desa Kedungrejo. ”Kami juga berharap ke depan embungnya bisa dikembangkan menjadi tempat wisata,” terang Camat Pakis Firmando Hasiholan Matondang. Melalui Pemerintah Desa (Pemdes) Banjarejo, Mando–sapaan akrabnya– mengaku sudah memberi pembinaan pada pemuda desa. ”Di situ masih ada tanah kas desa (TKD) seluas 6.000 meter persegi yang belum termanfaatkan. Harapan saya, karang taruna di sana bisa memanfaatkannya untuk kegiatan wisata,” imbuh Mando.

Dari pantauan koran ini, sejumlah potensi wisata memang tersaji di sana. Bisa digunakan sebagai tempat pemancingan, bisa juga dibangun panggung seni terbuka di sana. Harapan serupa untuk pengembangan embung juga disematkan pada titik-titik lain. Seperti Embung Cempaka, Embung Sukoanyar, Sumber Wendit Lanang, dan Sumber Wendit. ”Goal-nya, selain sumber daya air yang lestari, misi pariwisata pemkab juga bisa tercapai,” tutup Mando.

Pewarta : Farik Fajarwati
Copy Editor : Dwi Lindawati
Penyunting : Bayu Mulya
Foto: Bayu Eka Novanta